nusabali

Siswa SMKN Bebandem Belajar 3 Kali Seminggu

  • www.nusabali.com-siswa-smkn-bebandem-belajar-3-kali-seminggu

AMLAPURA, NusaBali - SMKN Bebandem, Karangasem kekurangan delapan ruang kelas. Akibatnya, siswa belajar di sekolah tiga kali seminggu terutama untuk kelas X dan kelas XI. Selebihnya siswa belajar di rumah melalui online.

Kasek SMKN Bebandem I Wayan Darmayasa mengatakan, sekolah punya 12 ruang kelas. Sedangkan 2 ruang kelas untuk praktik sehingga efektif untuk belajar 10 ruang kelas. Sedangkan siswa terbagi 18 rombongan belajar. "Kalau belajar double shift, juga tidak memungkinkan, karena tidak efektif per jam belajarnya 45 menit, jadi kekurangan waktu," jelas I Wayan Darmayasa kepada NusaBali di Amlapura, Minggu (14/1).

SMKN Bebandem memiliki program keahlian, teknik audio video, teknik bisnis sepeda motor, akuntansi perhotelan dan kuliner. Lanjut Darmayasa, untuk kelas X di minggu I Januari 2024, belajar ke sekolah, Senin, Rabu Jumat, kelas XI belajar ke sekolah Selasa dan Kamis. Minggu berikutnya kelas X belajar ke sekolah Selasa dan Kamis, begitu seterusnya, secara bergantian.

Khusus untuk siswa kelas XII belajarnya secara penuh, Senin sampai Jumat.  "Jika saya berlakukan double shift, tidak efektif belajar, kekurangan waktu, karena full day school," tambahnya.


SMKN Bebandem memiliki 587 siswa, kelas X sebanyak 249 siswa, kelas XI sebanyak 192 siswa dan kelas XII sebanyak 196 siswa, didukung 31 guru. "Saya telah usulkan ke Disdikpora Provinsi Bali, agar ada penambahan ruang kelas. Sebab, masih ada lahan, di bekas gedung SDN 1 Sibetan, yang asetnya telah dihapus bisa untuk membangun gedung baru," lanjut Darmayasa, pendidik dari Desa Selumbung, Kecamatan Manggis.

SMKN  Bebandem sebelumnya merupakan SDN 1 Sibetan di Banjar Triwangsa, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, kemudian diubah jadi SMKN Bebandem. Pemprov Bali, katanya, menjanjikan penambahan gedung baru tahun 2024. Sehingga kekurangan 8 ruang kelas teratasi, agar semua siswa bisa belajar tatap muka, tidak lagi belajar di rumah. Paling tidak perlu tambahan satu gedung berlantai 2, masing-masing lantai berisi 4 ruang kelas, lahan tersedia di bagian selatan sekolah.

Selama ini, SMKN Bebandem cukup terkenal secara nasional, berkat beberapa kali menorehkan prestasi nasional melalui guru seni dan budaya Karangasem I Nyoman Dwika Adi Ana. Prestasi terakhir, dinobatkan sebagai guru terbaik nasional, dalam lomba karya tulis best practice dan pembuatan video pembelajaran, kategori guru SMK, diselenggarakan Departemen Pendidikan Menengah, Pendidikan Khusus dan Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi, di Hotel Milenium Jalan Slipi Tanah Abang Jakarta, 21 - 26 November 2023.7k16

Komentar