nusabali

2023, Kendaraan Melintasi Tol Tembus 14,2 Juta

Meningkat 62,4 Persen Dibandingkan 2022ETAK] 14,2 Juta Kendaraan Melintas di Tol Bali Mandara

  • www.nusabali.com-2023-kendaraan-melintasi-tol-tembus-142-juta

MANGUPURA, NusaBali - Sepanjang 2023, PT Jasamarga Bali Tol (JBT) mencatat kendaraan yang melintas mencapai angka 14,2 juta. Angka ini disebut meningkat signifikan sebesar 62,4 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang, mengatakan peningkatan signifikan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas Tol Bali Mandara, juga karena adanya banyak event nasional dan internasional di Bali. Selain itu, momen liburan menjadi salah satu faktor penggerak utama.

“Kami mencatat peningkatan volume lalu lintas sebanyak 893 ribu kendaraan di Tol Bali Mandara saat libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Jumlah tersebut meningkat sebesar 38,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya,” kata Adiputra, Minggu (14/1) siang.

Berdasarkan data dari pihak PT JBT, dari total kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan Golongan I, yang melibatkan kendaraan roda empat seperti sedan, jip, pick up, atau truk kecil, dan bus, dengan total 9,1 juta kendaraan. Sementara itu, posisi kedua diisi oleh kendaraan Golongan VI, yaitu sepeda motor, mencapai 4,9 juta kendaraan. Diikuti oleh Golongan II sebanyak 132 ribu kendaraan, Golongan III 6 ribu kendaraan, Golongan IV 2 ribu kendaraan, dan Golongan V seribu kendaraan.

Mengingat kendaraan yang melintas dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, Adiputra menegaskan akan senantiasa memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan para pengguna tol. “Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi positif dalam mendukung mobilitas dan pariwisata di Bali, dengan tetap menjaga standar kualitas pelayanan tinggi,” tambahnya.

Keberhasilan ini menjadi dorongan bagi PT JBT untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur jalan tol. Seiring dengan perkembangan positif ini diharapkan akan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan fasilitas Tol Bali Mandara untuk mendukung kegiatan mobilitas dan pariwisata di Pulau Dewata. 7 ol3

Komentar