nusabali

STY Coret Saddil Ramdani

Indonesia Resmi Umumkan 26 Pemain Piala Asia

  • www.nusabali.com-sty-coret-saddil-ramdani

Saddil Ramdani dan Arkhan Kaka dicoret. Pertimbangannya adalah teknis. Ada kriteria-kriteria yang dinilai Shin Tae-yong. Penilaiannya itu mulai dari teknis sampai strategi.

DOHA, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) resmi mencoret Saddil Ramdani dan Arkhan Fikri Timnas menjelang dimulainya Piala Asia 2023 Qatar. Kabar pencoretan tersebut dikatakan Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji. Ya, ada pertimbangan teknis STY, sehingga Saddil dan Arkhan dicoret. 

“Ya, betul Saddil dan Arkhan dicoret. Pertimbangannya adalah teknis. Ada kriteria-kriteria yang dinilai coach Shin. Penilaiannya itu mulai dari teknis sampai strategi,” ujar Sumardji.

Awalnya sempat ada kabar dua pemain yang dicoret adalah Adam Alis dan Arkhan Fikri. Namun usai uji coba melawan Iran beberapa hari lalu, STY merevisi keputusannya.

Adam Alis tetap masuk daftar 26 pemain Indonesia untuk Piala Asia 2023. Sebagai gantinya, Saddil dan Arkhan harus dicoret. STY juga telah mengumumkan skuad final Indonesia untuk Piala Asia 2023 Qatar, pada 12 Januari sampai 10 Februari. Di laman resmi PSSI pada Kamis (11/1), STY menyebut tak memilih Arkhan dan Saddil karena alasan teknis. 

Pencoretan Saddil pun menimbulkan pertanyaan dari banyak kalangan. Termasuk dari pengamat sepakbola nasional Ronny Pangemanan (Bung Ropan), yang menyebut Saddil memiliki kualitas yang baik. Bahkan jika dibandingkan Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri.

"Saya sedikit mempertanyakan, kalau dia kalah bersaing dengan Witan dan Egy. Dibandingkan Egy, saya pilih Saddil," ujar Ropan, dalam video di kanal YouTube miliknya.

Saddil menjadi penyelamat Indonesia dengan gol penyeimbangnya, sehingga terhindar dari kekalahan saat bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Filipina pada laga laga matchday kedua Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Rizal memorial Stadium, Manila, Selasa (21/11) malam WITA. 

"Kalau bicara fair menurut saya, saya lebih senang dengan Saddil. Ini pemain yang menyelamatkan Indonesia dari kekalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina, mungkin teman-teman masih ingat, kita nyaris kalah," ujar Bung Ropan.

Pencoretan ini dirasakan Bung Ropan sangat mengejutkan. Sebab, belakangan ini Saddil juga sering mendapatkan menit bermain yang cukup banyak di Timnas Indonesia. Bahkan belakangan, STY juga selalu pasang Saddil, melawan Brunei, melawan Irak, selalu dia dimainkan.

“Melawan Libya juga dimainkan. Memang mengejutkan Saddil tersisih, saya pikir dia itu winger terbaik di Timnas saat ini," kata Ropan.

Lebih lanjut, Ropan juga meminta dukungan kepada Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 tak boleh mengendur karena pencoretan itu. Dia tidak bisa bilang apa-apa karena ini tanggung jawab STY. 

Sebelum berlaga di Piala Asia 2023, Indonesia melakoni tiga laga uji coba di Turki dan Qatar. Di Turki, Indonesia dua kali kalah melawan Libya dengan skor 0-4 dan 1-2. Setelah itu, di Qatar, Indonesia melawan tim peringkat 21 ranking dunia Iran dan kalah 0-5.

Di Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Laga perdana Indonesia saat melawan Irak pada 15 Januari, lalu Vietnam pada 19 Januari, dan terakhir lawan raksasa Asia Jepang pada 24 Januari. ant

Skuad Indonesia di Piala Asia Plus Nomor Punggung:
1. Syahrul Trisna (26) - Persikabo 1973
2. Muhamad Riyandi (1) - Persis Solo
3. Ernando Ari (21) - Persebaya Surabaya
4. Justin Hubner (25) - Wolverhampton W
5. Edo Febriansah (13) - Persib Bandung
6. Wahyu Prasetyo (19) - PSIS Semarang
7. Rizky Ridho (5) - Persija Jakarta
8. Jordi Amat (4) - Johor Darul Tazim FC
9. Elkan Baggott (3) - Ipswich Town
10. Sandy Walsh (6) - KV Mechelen
11. Shayne Pattynama (20) - Viking FK
12. Asnawi Mangkualam (14) - Jeonnam D
13. Pratama Arhan (12) - Tokyo Verdy
14. Adam Alis (17) - Borneo FC
15. Marc Klok (23) - Persib Bandung
16. Ricky Kambuaya (15) - Dewa United
17. Witan Sulaeman (8) - Persija Jakarta
18. Egy Maulana (10) - Dewa United
19. Yakob Sayuri (2) - PSM Makassar
20. Marselino Ferdinan (7) - KMSK Deinze
21. Ivar Jenner (24) - Jong Utrecht
22. Hokky Caraka (16) - PSS Sleman
23. Ramadhan Sananta (18) - Persis Solo
24. Dendy Sulistyawan (22) - Bhayangkara FC
25. Dimas Drajad (9) - Persikabo 1973
26. Rafael Struick (11) - ADO Den Haag.

Komentar