nusabali

KPU RI: Surat Suara Nasional Tahap Pengiriman, Bali Sudah Lengkap

  • www.nusabali.com-kpu-ri-surat-suara-nasional-tahap-pengiriman-bali-sudah-lengkap

DENPASAR, NusaBali.com - KPU RI mengonfirmasi bahwa progres logistik tahap yakni surat suara, secara nasional, sudah dalam tahap pengiriman dari percetakan ke gudang KPU Kabupaten/Kota. Sementara, surat suara di Provinsi Bali dinyatakan sudah lengkap pada Kamis (11/1/2024).

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan, proses pencetakan surat suara secara nasional sudah mendekati 100 persen. Kini, status pengadaan logistik tahap dua ini dalam fase pendistribusian oleh percetakan ke alamat gudang KPU Kabupaten/Kota di daerah-daerah.

"Semuanya di Indonesia, sekarang ini statusnya distribusi menuju kabupaten/kota. Targetnya selesai 15 Januari ini," ujar Hasyim di Denpasar pada Kamis sore.

Lanjut Hasyim, di Provinsi Bali hingga Kamis malam dipastikan sudah menerima surat suara untuk DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Bali. Sedangkan, empat jenis surat suara lainnya seperti Pilpres dan Pileg untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota telah selesai dilipat dan sedang diatur sesuai TPS.

"(Kamis) malam ini, semuanya (surat suara) sudah ada (di Bali)," tambah Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan saat mendampingi Hasyim memberikan keterangan pers.

Kata Hasyim, pengadaan dan distribusi logistik secara nasional belum menemui hambatan berarti. Meskipun, gudang logistik KPU Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan sempat tergenang banjir akibat hujan deras pada Sabtu (6/1/2024) lalu.

Akibat dari peristiwa itu, kotak suara terdampak dan rusak. Hasyim menegaskan bahwa kerusakan pada logistik pemilu di Selayar sudah ditangani dan diganti dengan yang baru.

"Yang di Kabupaten Selayar sudah ditangani Senin lalu. Sudah ditinjau, yang kondisinya tidak memungkinkan digunakan lagi sudah diganti yang baru," imbuh Hasyim yang juga mantan Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah ini.

Informasi terakhir yang diterima NusaBali.com pada Kamis pukul 20.28 Wita, pengiriman surat suara DPD RI sudah sampai di Kabupaten Badung. Diketahui, kendaraan pengangkut logistik surat suara DPD RI Dapil Bali ini memasuki Pelabuhan Gilimanuk pada Kamis siang. *rat

Komentar