nusabali

Waspada, Penipuan APK Catut PPS Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-waspada-penipuan-apk-catut-pps-pemilu-2024

NEGARA, NusaBali - Masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan dengan file APK (android package kit). Di tengah musim politik saat ini, ada modus penipuan APK mengatasnamakan Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024.

Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Agus Riwayanto Diputra, Rabu (10/1), mengatakan penipuan dengan file APK bertuliskan PPS Pemilu 2024, itu sudah tersebar di sejumlah wilayah. APK PPS Pemilu 2024 itu adalah malware atau perangkat lunak berbahaya yang digunakan untuk pencurian data di smartphone maupun berbagai gawai lainnya.

"Saat ini polanya sudah diubah. Kalau sebelumnya ada APK undangan pernikahan, blanko tilang, dan sekarang menjadi PPS Pemilu 2024 mengikuti momentum saat ini. Untuk itu kita imbau agar dapat berhati-hati, jangan sampai diklik (dibuka)," ujar AKP Agus.

Hingga saat ini, AKP Agus mengaku belum ada laporan pengaduan atau laporan terkait modus penipuan ini di Jembrana. Namun pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati. "Kami sosialisasikan untuk pencegahan. Karena nanti ada yang mengklik bahaya. Kalau itu sampai dibuka, data-data kita akan diambil dan pelaku akan mendapatkan akses ke rekening dan lain sebagainya," kata AKP Agus.

Biasanya, sambung AKP Agus, file APK berbahaya itu disebar melalui WhatsApp (WA) ataupun berbagai media sosial. Tak jarang file APK berbahaya itu pun disebar menggunakan akun yang berhasil diretas pelaku. "Untuk menghindari penipuan ini, masyarakat harus lebih hati-hati. Intinya, jangan sampai diklik kalau ada APK ataupun link (tautan) yang mencurigakan," ucap AKP Agus.7ode

Komentar