nusabali

Anjing Rabies Gigit 3 Warga di Berangbang

  • www.nusabali.com-anjing-rabies-gigit-3-warga-di-berangbang

Menyusul kasus gigitan anjing positif rabies, dilakukan vaksinasi emergency dan berhasil memvaksin 30 ekor anjing dan 7 ekor kucing di wilayah Desa Berangbang, Kecamatan Negara, Jembrana.

NEGARA, NusaBali
Memasuki awal 2024 ini, ditemukan satu kasus anjing rabies di Kabupaten Jembrana. Anjing gila di Desa Berangbang, Kecamatan Negara, itu diketahui sempat menggigit tiga orang warga.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan-Kesmavet) pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana drh I Wayan Widarsa, Selasa (9/1), mengatakan kasus gigitan anjing itu terjadi pada Minggu (31/12/2023) lalu. Anjing gila tersebut menyerang tiga orang warga bernama I Gusti Putu Sudiasa, 57, Gusti Ayu Putu Srigati, 57, dan Gusti Kade Wenda, 79.

Anjing yang menggigit adalah milik keluarga Gusti Kade Wenda yang dilepasliarkan. Korban Sudiasa sempat digigit di bagian kaki. Sedangkan korban Srigati dan Wenda digigit di bagian tangan. 


“Ketiga korban sudah mendapat penanganan dari petugas kesehatan. Setelah menerima laporan kasus gigitan, itu tim Medikvet (Medik Veteriner) turun melakukan pengambilan sampel otak anjingnya untuk diuji ke BBVet (Balai Besar Veteriner) Denpasar,” ujar Widarsa.

Sesuai hasil uji laboratorium BBVet Denpasar yang diterima pada Minggu (7/1), sampel anjing itu dipastikan positif rabies. Temuan kasus anjing rabies di Berangbang itu tercatat menjadi kasus anjing rabies pertama di Jembrana untuk tahun 2024 ini. 

Setelah menerima hasil positif rabies tersebut, Widarsa menyatakan menindaklanjutinya dengan vaksinasi emergency rabies di wilayah setempat pada Senin (8/1). Dari kegiatan vaksinasi emergency itu petugas berhasil memvaksin 30 ekor anjing dan 7 ekor kucing. 

“Selain vaksinasi emergency, sekalian kita lakukan KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi). Kita ingatkan warga agar tetap waspada terhadap bahaya rabies,” ujar Widarsa. 7 ode

Komentar