nusabali

Atap Rumah Tersambar Petir, Kilometer Listrik Meledak

  • www.nusabali.com-atap-rumah-tersambar-petir-kilometer-listrik-meledak
  • www.nusabali.com-atap-rumah-tersambar-petir-kilometer-listrik-meledak

GIANYAR, NusaBali - Petir menyambar rumah I Ketut Latra di Banjar Roban, Desa Tulikup, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Senin (8/1) sore. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Atap rumah hancur, kerugian ditaksir mencapai Rp 10 juta. Sebagian genting berhamburan dan kilometer listrik di bawah atap bangunan meledak.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gianyar Ida Bagus Putu Suamba mengerahkan TRC Regu A untuk melakukan assessment. "Berdasarkan keterangan pemilik rumah, meteran listrik tersambar petir mengakibatkan listrik padam dan atap rumah sisi barat hancur," jelas Ida Bagus Suamba. 


Menurut petugas PLN Gianyar, meteran listrik tersambar petir karena ada hubungannya dengan arde. Sebab arde merupakan media penyalur impuls tegangan lebih dari petir. Tetapi case yang di rumah pelanggan ini tegangan petirnya di atas standar peralatan sehingga kwh-nya ikut rusak dan arde yang merupakan jalannya tegangan lebih juga tidak bisa menyalurkan tegangan tersebut. Bangunan yang tersambar petir mengalami kerusakan yang menandakan petir memang besar.

Saat cuaca tak menentu ini, Ida Bagus Suamba mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap segala kemungkinan bencana. Pada Tahun 2023, BPBD Gianyar mencatat sebanyak 187 laporan bencana. Sebanyak 43 di antaranya adalah tanah longsor. Sebanyak 144 kejadian pohon tumbang. 7 nvi

Komentar