nusabali

KGB Nuwasen Pendaftaran Cabup dan Cawabup

  • www.nusabali.com-kgb-nuwasen-pendaftaran-cabup-dan-cawabup

Koalisi Gianyar Bangkit (KGB) beranggotakan Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PKPI, akan membuka pendaftaran bakal Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) untuk Pilkada Gianyar 2018.

GIANYAR, NusaBali
Kegiatan tersebut diawali dengan nuwasen (penetapan hari baik mengawali kegiatan) melalui persembahyangan bersama di Pura Durga Kutri atau Bukit Darma, Banjar Kutri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar pada Buda Kliwon Ugu, Rabu (19/7) malam.

Persembahyangan dipimpin Jero Mangku Pura setempat, diikuti 17 orang dari jajaran pengurus KGB dan perwakilan empat partai anggota KGB. Usai persembahyangan, Ketua Umum KGB Tjokorda Gde Asmara Putra Sukawati alias Cok Anom menjelaskan, persembahyangan tersebut untuk memohon kepada Ida Batara-batari di Pura Durga Kutri agar menganugerahkan kelancaran dan kesuksesan penjaringan/penyaringan paket calon pemimpin Gianyar di KGB.

“Terpenting lagi, kami mendoakan agar setiap tahapan Pilkada Gianyar, 27 Juni 2018, berlangsung tertib, lancar dan tenteram,” jelas Ketua DPC Demokrat Gianyar asal Puri Kantor, Puri Agung Ubud ini. Cok Anom menambahkan, pemilihan lokasi sembahyang di pura tersebut karena Pura Durga Kutri yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Anak Wungsu (1049-1077), terbilang sebagai cikal-bakal penguatan sistem pemerintahan di Bali.

Hal ini diperkuat dengan bukti sejarah sejumlah arca di pura ini, antara lain Durga Mahisasuramardhin, Amogaphasa, Ganesha, Bhatara dan Budha diperkirakan dari abad X-XIII M. Cok Anom yang didampingi Ketua Harian KGB, Made Arta Rimbawa menjelaskan, sebelum membuka pendaftaran bakal cabup dan cawabup, Kamis (20/7), jajaran KGB akan menggelar rapat koordinasi di Sekretariat KGB yang Sekretariat DPC Gerindra Gianyar, Jalan Kebo Iwa, Kota Gianyar.

Setelah pengambilan formulir, jelas Cok Anom, akan dilanjutkan pengembalian isian foirmulir atau pendaftaran oleh bakal calon pada 26-31 Juli. Pihaknya membijaksanai, pengambilan formulir bakal calon bisa melalui perwakilan.

Hal ini untuk menjaga kemungkinan figur yang akan mengambil formulir sedang tak berada di Gianyar saat jadwal pengambilan formulir itu. Hanya saja, pendaftaran yang tak biia diwakilkan. Cok Anom mengakui, setelah pendaftaran, setiap figur baik di posisi bakal cabup atau cawabup akan disurvei oleh tim independen yang ditunjuk KGB. “Kami hanya mensurvei figur yang mendaftar di KGB. KGB tak mungkin mensurvei figur atau tokoh yang tak serius maju,” jelasnya. *lsa

Komentar