nusabali

Mahayastra Siapkan Pesta Nasi Jinggo

  • www.nusabali.com-mahayastra-siapkan-pesta-nasi-jinggo

Pasangan Made Agus Mahayastra-AA Gde Mayun (Paket Aman) akan dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Gianyar 2018-2023 oleh Gubernur Wayan Koster di Kantor Gubernur Bali, Niti Mandala Denpasar, Kamis (20/9) besok

Digelar Sehari Pasca Dilantik sebagai Bupati Gianyar


GIANYAR, NusaBali
Sehari pasca dilantik, Bupati Made Agus Mahayastra akan sampaikan pidato pertama dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Gianyar, Jumat (21/9) siang. Bupati Mahayastra pun sudah siapkan pesta makan nasi jinggo.

Sidang Paripurna Istimewa Penyampaian Pidato Bupati Gianyar bakal digelar di Ruang Utama DPRD Gianyar, Jumat siang pukul 14.30 Wita. Sidang tersebut akan dihadiri sekitar 2.500 orang, terdiri dari anggota DPRD Gianyar, jajaran Muspida Gianyar, Muspika tujuh kecamatan se-Kabupaten Gianyar, para panglingsir puri se-Gianyar, PHDI Gianyar, unsur Majelis Madya Desa Pakraman (MMDP) Kabupaten Gianyar, Majelis Alit Desa Pakraman (MADP) Kecamatan se-Kabupaten Gianyar, para bedesa pakraman, kelian banjar adat se-Kabupaten Gianyar, para perbekel, para kepala dusun, kalangan LSM, hingga KPU Gianyar.

Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Gianyar, I Wayan Arthana, mengatakan dari sekitar 2.500 orang yang akan menghadiri sidang paripurna istimewa nanti,  870 di antaranya undangan dari lembaga DPRD Gianyar. Dari jumlah itu, sekitar 300 orang bisa masuk ke ruang Sidang Utama Lantai III DPRD Gianyar. Sedangkan sisanya, duduk di posisi sayap kanan, kini, dan belakang Ruang Sidang Utama.

Menurut Wayan Arthana, mereka bisa menyaksikan jalannya rapat paripurna melalui layar lebar dan layar kaca di beberapa titik. “Acara ini dilaksanakan hingga sore hari, sesuai kesepakatan Ketua DPRD Gianyar dengan pihak eksekutif. Besok (hari ini) kami akan gelar gladi untuk acara di DPRD Gianyar,” jelas Arthana saat dikonfirmasi NusaBali di Gianyar, Selasa (18/9).

Usai sidang paripurna istimewa nanti, akan diadakan serah terima jabatan dari Plh Bupati Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya kepada kepada Bupati Mahayastra. Selanjutnya, acara pengukuhan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Gianyar oleh pengurus YKI Pusat, pengukuhan Pengurus PKK Kabupaten Gianyar, dan Dekranasda Kabupaten Gianyar oleh Bupati Mahayastra.

Sementara itu, Bupati Gianyar terpilih Made Agus Mahayastra mengatakan, Rapat Paripurna Istimewa Penyampaian Pidato Bupati Gianyar periode 2018-2023 tersebut sesuai dengan isi telegram Gubernur Bali via Sekda Gianyar. Pidato ini untuk mempertegas visi misi kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati Gianyar lima tahun ke depan.

Visi misi ini akan menjadi roh dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gianyar. “Saya belum menghitung, berapa menit saya akan berpidato di depan DPRD Gianyar,” jelas Mahayastra saat dikonfirmasi terpisah, Selasa kemarin.

Menurut Mahayastra, pihaknya sengaja mengundang ribuan orang, termasuk pejabat teras, dalam Rapat Paripurna Istimewa Penyampaian Pidato Bupati Gianyar 2018-2023, sebagai bukti janjinya pada kampanye Pilkada Gianyar 2018 lalu. Saat kampanye, Mahayastra berjanji jika menang Pilkada Gianyar 2018, akan mengundang seluruh jajaran yang terlibat dalam melancarkan Pilkada. “Karena pelantikan Bupati Gianyar tahun-tahun sebelumnya, belum pernah mengundang setingkat kelian banjar dan KPPS,” jelas Bupati terpilih yang juga Ketua DPC PDIP Gianyar ini.

Seusai rapat paripiurna DPRD Gianyar pukul 16.00 Wita, acara akan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang serah terima bantuan dari Bupati Badung Nyoman Giri Prasta kepada Bupati Gianyar. Acara yang akan disaksikan ribuan undangan ini dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Gianyar.

Menurut Mahayastra, MoU ini menegaskan Pemkab Badung akan membantu Kabupaten Gianyar, sebagaimana sempat terungkap dalam kampanye Paket Aman di Lapangan Astina Raya Gianyar. Acara penandatanganan MoU akan diisi dengan pesta rakyat, di mana seluruh undangan diajak bersama-sama makan nasi jinggo.

“Karena ada pesta rakyat makan nasi jinggo inilah, makanya kegiatan digelar sore hari. Dengan begitu, akan banyak masyarakat yang hadir. Pesta rakyat akan digelar di jalan raya depan Kantor Bupati Gianyar sampai Taman Kota Gianyar. Acara ini diperkirakan akan berakhir malam sekitar pulkul 19.00 Wita. *lsa

loading...

Komentar