nusabali

Mahasiswa UMY Kunjungi DPRD Badung

  • www.nusabali.com-mahasiswa-umy-kunjungi-dprd-badung

MANGUPURA, NusaBali - Sekretariat DPRD Badung menerima kunjungan mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada Senin (8/1) siang. Kedatangan mahasiswa dalam rangka studi untuk mengetahui secara riil jalannya pemerintahan, pengelolaan keuangan, dan barang milik daerah.

Kunjungan mahasiswa diterima oleh Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Badung Putu Ngurah Thomas Yuniarta mewakili Ketua DPRD Badung Putu Parwata. Pada kesempatan itu turut didampingi Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Muda DPRD Badung I Gusti Made Putra Kencana.

Thomas Yuniarta mengatakan, dari kunjungan mahasiswa UMY ada beberapa masukan dan pertanyaan yang disampaikan, tentunya hal ini berkaitan dengan fungsi dan tugas dari anggota dewan. “Kami berdua ditugaskan oleh Ketua DPRD Badung untuk menerima kunjungan dari mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ini sangat bagus sekali bagi kami karena banyak masukan dan banyak pertanyaan,” ujarnya.

Menurut Thomas Yuniarta, pertanyaan yang disampaikan terkait penganggaran, pelaksanaan, hingga pengawasan. Ada juga yang mempertanyakan terkait kontrol terhadap anggota dewan. “Kami sudah sampaikan terkait adanya Badan Kehormatan, sehingga sudah cukup jelas. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan kami bisa sampaikan fungsi controlling dan budgeting,” kata mantan Kabag Humas Setda Badung ini.

Thomas Yuniarta pun berharap hasil dari kunjungan ini, para mahasiswa dapat mendalami tugas-tugas dari legislatif, sehingga nantinya ada mahasiswa yang tertarik menjadi ASN, anggota dewan dan lainnya. “Ilmu pemerintahan ini sifatnya luas sekali, jadi mereka bisa terjun ke dunia usaha, apalagi nanti ada yang bisa masuk ke legislatif sebagai anggota dewan, ini sangat bermanfaat sekali bagi mereka,” ucapnya.

Sementara perwakilan mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan UMY, Prof Ulung Pribadi, menyatakan kunjungan bersama 85 mahasiswa untuk mengetahui secara riil jalannya pemerintahan, seperti pengelolaan keuangan dan barang milik daerah. Sebab mahasiswa ini telah mengetahui konsep di bangku perkuliahan. Dari kunjungan ini, pihaknya berharap mahasiswa betul-betul tahu fungsi legislasi atau pembentukan perda itu seperti apa.

“Kemudian budgeting, membahas bersama dengan eksekutif, OPD itu tentang menentukan rencana dan anggaran kegiatan masing-masing OPD. Juga fungsi kontroling, bagaimana DPRD itu mengawasi dari Perda yang telah dibuat bersama antara bupati dan DPRD,” sebutnya. @ ind

Komentar