nusabali

Tahun 2024, Penerima BLT Desa Turun Drastis

  • www.nusabali.com-tahun-2024-penerima-blt-desa-turun-drastis

AMLAPURA, NusaBali - Penerima BLT (bantuan langsung tunai) tingkat Desa di Karangasem dipastikan mengalami penurunan drastis. Sebab warga penerima bantuan mesti benar-benar miskin dan alasan ekonomi, berdasarkan survei dan rekomendasi kelian banjar.

"Saya hanya menyediakan bantuan untuk 40 KK untuk  tahun 2024. Sebelumnya atau tahun 2023 ada 72 KK tersebar di 12 banjar," jelas Perbekel Bebandem I Gede Partadana, saat dihubungi di ruang kerjanya, Banjar Pande Sari, Desa/Kecamatan Bebandem, Karangasem, Senin (8/1).

Alokasi BLT tiap KK, katanya,  Rp 300.000 per bulan selama 12 bulan. Total anggaran tersedia 12,5 persen dari APBDes Desa Bebandem 2024. "Warga yang masuk daftar penerima BLT, dari keluarga kurang mampu, atas rekomendasi kelian banjar," jelasnya.

40 KK yang akan menerima bantuan tersebar di 12 banjar,  yakni Banjar Tihingan Kangin, Tihingan Kauh, Tihing Seka, Dukuh,  Tihingan Tengah, Desa Tengah, Jungsri, Kastala, Kayu Putih, Liligundi, Pande Sari, dan Tohpati

Di bagian lain, Perbekel Duda Utara, Kecamatan Selat I Wayan Suarman, mengatakan penyaluran bantuan BLT untuk warga kurang mampu mengalami penurunan drastis di bandingkan tahun 2023. Kali ini, hanya 36 KK yang terdaftar dari sebelumnya 76 KK.

Dari 36 KK itu, masing-masing berasal dari Banjar Perangsari Kaja, Banjar Perangsari Tengah, dan Banjar Perangsari Kelod masing-masing 7 KK. Selebihnya dari Banjar Geriana Kangin, Banjar Geriana Kauh dan Banjar Tukad Sabuh masing-masing 5 KK. "Saya prioritaskan warga yang dapat BLT, janda tua, secara fisik tidak lagi mampu bekerja, dan sakit," jelas Perbekel Duda Utara asal Banjar Perangsari Tengah.

Perbekel Duda, Kecamatan Selat I Wayan Dulur mengaku mendata 48 KK dapat BLT, turun di bandingkan tahun 2023 sebanyak 68 KK yang tersebar di 8 banjar: Pegubugan, Duda, Bambang Biaung, Alastunggal, Padangtunggal Kangin, Padangtunggal Kauh, Jangu, dan Dalem. "Itu yang direkomendasi kelian banjar dinas," katanya.

Perbekel Tegallinggah, Kecamatan Karangasem I Gede Sudiarsa mengaku, hanya mengalokasikan BLT untuk 26 KK. Jumlah ini turun dibandingkan tahun 2023 sebanyak 54 KK. Mereka tersebar di 5 banjar dinas, yakni Banjar Bale Punduk Kaler, Banjar Bale Punduk Kelod, Banjar Tegallinggah, Banjar Karang Cermen, dan Banjar Nyuling.

Sedangkan Perbekel Selat, Kecamatan Selat I Gusti Ngurah Oka mengaku belum mendata warga yang layak dapat bantuan. "Belum ada daftar nama yang berhak dapat bantuan BLT," jelas I Gusti Ngurah Oka.

Namun Perbekel Peringsari, Kecamatan Selat I Wayan Bawa mengaku belum mendata warga yang berhak dapat bantuan.7k16

Komentar