nusabali

BPBD Karangasem Tangani 3 Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-karangasem-tangani-3-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali - Petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem menangani tiga pohon tumbang di Banjar Perangsari Kelod, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem, Senin (8/1). Sambil penanganan, petugas juga memberikan paket bantuan kepada korban bencana.

Pohon jenis cempaka panjang 20 meter dan diameter 50 cm, tumbang di Banjar Perangsari Kelod, Minggu (7/1) pukul 18.10 Wita. Pohon ini menimpa warung milik I Komang Simpen Arta dan kabel listrik.

Kelian Banjar Perangsari Kelod I Wayan Suandra yang melaporkan ke petugas BPBD Karangasem. Lima petugas ke lokasi membawa dua chainsaw di bawah koordinasi Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa. Lanjut, melakukan pemotongan batang pohon.

Penanganan berlanjut Senin (8/1), sambil membawa paket bantuan berupa selembar matras, selembar sarung, selembar selimut, dan sabun mandi.

Kelian Banjar Perangsari Kelod I Wayan Suandra mengatakan, pohon cempaka yang tumbang itu milik Desa Adat Perangsari, yang tumbuh di Pura Dalem Desa Adat Perangsari. Saat pohon itu tumbang menimpa warung milik I Komang Simpen Arta, korban sedang berjualan  hingga atap warung ringsek, menyebabkan genteng warung jatuh berserakan.


Di samping itu, pohon cempaka juga menimpa akses jalan desa rabat beton. "Sebenarnya pohon tumbang itu terjadi di jaba Pura Dalem, tetapi roboh menimpa warung. Pura Dalem tidak ada yang kena, kerugian diperkirakan mencapai Rp 50 juta," jelas Suandra.

Meski warung milik Simpen Arta dalam keadaan rusak, masih saja tetap jualan melayani pembeli, dalam kondisi darurat. Sedangkan rumpun bambu di Banjar Saren Kaler, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, tumbang, pukul 14.00 Wita. Perbekel Nongan I Wayan Daging melaporkan ke BPBD Karangasem berlanjut petugas melakukan penanganan. Rumpun bambu tumbang menimpa akses jalan kabupaten.

Pohon tumbang juga terjadi, Minggu (7/1) pukul 18.00 Wita di Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, tepatnya di jalur Amlapura-Singaraja, yang tumbang pohon gamal panjang 5 meter dan diameter 20 cm.

Warga I Ketut Suadi yang melaporkan ke BPBD Karangasem, malam itu langsung mendapatkan penanganan. Kalak BPBD Ida Ketut Arimbawa mengatakan, di setiap turun hujan lebat, biasanya terjadi pohon tumbang atau tanah longsor.

"Makanya warga mesti meningkatkan kewaspadaannya jika hujan lebat turun, sebab rawan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor," jelas Ida Ketut Arimbawa.7k16

Komentar