nusabali

Bintang Puspayoga Sorot Peran Perempuan dalam UMKM

  • www.nusabali.com-bintang-puspayoga-sorot-peran-perempuan-dalam-umkm

MANGUPURA, NusaBali - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Bintang Puspayoga) menegaskan pentingnya peran perempuan dalam sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia

“Data ini membuktikan bahwa perempuan memiliki andil besar dalam keberhasilan UMKM di Indonesia. Di Kementerian PPA, kami menempatkan isu pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan sebagai salah satu prioritas utama. Kami menyadari bahwa pemberdayaan perempuan tidak hanya tentang kesetaraan, tetapi juga tentang memberikan kontribusi nyata pada perkembangan ekonomi negara,” kata Menteri Bintang Puspayoga saat ditemui dalam acara Bali Great Sale di Discovery Mall Bali, Kuta, Badung, Sabtu (6/1/2023) malam.

Dijelaskannya, dengan 6.4 juta dari total 6.5 juta UMKM adalah usaha mikro, Menteri Bintang Puspayoga menekankan perlunya perhatian khusus pada pelaku usaha kecil tersebut.

“Pemerintah, melalui Kementerian PPPA, memberikan perhatian yang serius pada pelaku usaha UMKM, terutama dalam hal pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan. Ini tidak hanya menjadi tanggung jawab kami sebagai pemerintah, tetapi juga menjadi misi untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan merata,” tambahnya.

Namun, Menteri Bintang Puspayoga juga menyoroti bahwa tantangan ini tidak dapat diatasi dengan bekerja sendiri. Dia memaparkan pentingnya sinergi dan kolaborasi lintas kementerian, lembaga, termasuk pemerintah daerah, untuk memberikan kesempatan terbaik bagi pelaku UMKM.

“Kami percaya bahwa sinergi dan kolaborasi dengan lintas sektor pemerintahan, termasuk pemerintah daerah, akan menjadi kekuatan bagi kita semua. Hanya dengan bersatu, kita dapat memberikan peluang dan dukungan terbaik kepada pelaku UMKM. Ini bukan hanya tanggung jawab Kementerian PPPA, tetapi juga tanggung jawab bersama untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan,” pungkasnya. *ris

Komentar