nusabali

STY Siapkan Perubahan Tim

Adam Alis dan Arkhan Fikri Dicoret untuk Piala Asia

  • www.nusabali.com-sty-siapkan-perubahan-tim

Ada banyak kesalahan di lini belakang. Para pemain Indonesia harus memperbaiki koordinasi di belakang. Mereka tidak boleh membuat kesalahan elementer jika tidak ingin gawang Indonesia kebobolan.

ANTALYA, NusaBali
Timnas Indonesia siap membalas kekalahan dari Timnas Libya, dalam laga ujicoba kedua di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki, Jumat (5/1), pukul 20.30 WITA.  Ya, usai kalah 0-4 pada pertemuan pertama hari Selasa (2/1), Shin Tae-yong (STY) pun menyiapkan perubahan lebih baik. 

STY memastikan bahwa Indonesia akan lebih serius. Indonesia akan menyiapkan taktik khusus dan dipastikan tampil berbeda jika dibanding laga pertama. Apalagi statistik pada pertemuan pertama, Indonesia punya penguasaan bola lebih baik. 

Hanya saja, Indonesia tidak cukup kreatif dan efektif saat membangun serangan. Sedangkan ada banyak kesalahan di lini belakang. Para pemain Indonesia harus memperbaiki koordinasi di belakang. Jordi Amat dan Justin Hubner harus sepenuhnya fokus. 

“Mereka tidak boleh membuat kesalahan elementer lagi jika tidak ingin melihat gawang Indonesia kebobolan,” kata STY.

STY pun memberikan penjelasan mengenai keputusannya menurunkan dua tim berbeda pada laga itu. Perbedaan kedatangan pemain menjadi salah satu alasan, yakni kedatangan yang beda-beda. Ada tanggal 1 Januari, 27 Desember, ada yang datang 20 Desember.

Sedangkan Direktur Teknik Tim Nasional Indonesia Indra Sjafri menilai pertandingan uji coba timnas jangan menjadi tolak ukur kemampuan tim. Saat laga uji coba, kata Indra Sjafri, pelatih sedang menentukan skema permainan yang sesuai dan menyesuaikan adaptasi antar pemain.

"Namanya uji coba, pasti ada hal-hal yang dicoba. Kejuaraan resmi, itulah yang menjadi ukuran bahwa tim itu oke atau tidak oke. Tapi di masa uji coba, apalagi ini sudah lama pemain-pemain tidak berkumpul dan banyak pemain-pemain baru yang baru bergabung. Tentu coach Shin butuh waktu untuk bisa tim ini solid," kata Indra Sjafri

Sementara itu, dua pemain tengah yakni Adam Alis dan Arkhan Fikri tidak masuk dalam tim nasional untuk Piala Asia 2023. Sebelumnya STY memanggil 29 pemain untuk TC di Turki. Namun Yance Sayuri urung bergabung dengan rekan-rekannya di timnas karena cedera.

Dari total 28 pemain, kini STY mencoret Adam dan Arkhan, sehingga total pemain timnas untuk Piala Asia 2023 saat ini adalah 26 orang. Posisi yang biasanya ditempati Adam Alis, kini diisi Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikry, Saddil Ramdani, dan Dendy Sulistyawan. Sedangkan nama-nama seperti Ivar Jenner, Mark Klok, Ricky Kambuaya, dan Marcelino Ferdinan pada posisi yang biasanya dihuni Arkhan Kaka.

Di Piala Asia Indonesia tergabung bersama Jepang, Vietnam, dan Irak di Grup D. Indonesia akan memulai kejuaraan dengan melawan Irak pada 15 Januari pukul 22.30 WITA di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar. Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Vietnam (19/1), dan Jepang (24/1). ant

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Saddil Ramdani, Rafael Struick; Dimas Drajad. Pelatih: Shin Tae-yong.

Libya (4-2-3-1): Murad Al-Wuheeshi; Ali Al-Musrati, Salah Fakroun, Elmahdi Elkout, Osama Al-Sareet; Osamah Al-Shuraimi, Daniel Elfadli; Omar Al Khouja, Fadel Mansour, Mohamed Tubal; Ahmed Ekrawa. Pelatih: Milutin Sredojevic.

Komentar