nusabali

Bupati Resmikan Balai Banjar Lebah Pangkung

  • www.nusabali.com-bupati-resmikan-balai-banjar-lebah-pangkung

MANGUPURA, NusaBali - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri upacara Melaspas, Mendem Pedagingan dan Caru Manca Kelud, Balai Banjar Lebah Pangkung dan Balai Serbaguna, Banjar Adat Lebah Pangkung, Desa/Kecamatan Mengwi, Badung, Kamis (4/1). Bangunan balai banjar dan serbaguna dibangun atas bantuan bupati yang berasal dari dana hibah pada 2023 sebesar Rp 6,2 miliar.

Turut hadir anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung I Wayan Regep, Kadis Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana serta unsur tripika Kecamatan Mengwi. Hadir pula Perbekel Desa Mengwi I Nyoman Suwarjana, Bendesa Adat Ida Bagus Oka, dan masyarakat setempat.

Bupati Giri Prasta mengucap syukur kepada Ida Hyang Widhi Wasa dan Ida Betara Betari yang berstana di Pura Begawan Penyarikan Banjar Lebah Pangkung telah memberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan Upacara Melaspas, Mendem Pedagingan dan Caru Manca Kelud. “Kehadiran kami untuk meringankan beban krama semua. Kehadiran kami di sini juga sekaligus menyerahkan bantuan serta memberi tanda tangan secara simbolis pada prasasti terkait dengan peresmian Balai Banjar dan Serbaguna Banjar Adat Lebah Pangkung,” ujarnya.

“Ini merupakan sebuah legacy bagi saya selaku bupati dan tentu dengan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Banjar Lebah Pangkung. Kita membuat sejarah baru, sehingga infrastruktur ini bisa akan dinikmati selamanya oleh anak cucu kita terutama anak cucu kami yang ada di Banjar Lebah Pangkung,” imbuh Bupati Giri Prasta.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini berharap kepada seluruh krama untuk selalu bersatu antara anak-anak, pemuda dan orang tua, karena dengan bersatu akan memberi jembatan emas bagi generasi ke depan. “Kita boleh maju tapi jangan sampai menggerus akar adat, seni, dan budaya,” pesan Bupati Giri Prasta seraya memberi dana motivasi kepada anak-anak penari, Sekaa Teruna, Sekaa Gong, PKK, dan lansia sebesar Rp 33 juta.

Manggala Karya I Made Letra menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Badung. “Kehadiran bupati di tengah-tengah masyarakat kami sudah dinantikan, karena kami semua ingin bisa bertatap muka langsung dengan Bapak Bupati Giri Prasta,” ujarnya.

“Kami mewakili krama Lebah Pangkung mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Badung sudah banyak membantu kami, seperti Balai Banjar ini, kalau tidak ada bantuan dari Bapak Bupati, kami tidak akan memiliki tempat megendu wirasa yang megah seperti ini,” ujarnya. 7 asa

Komentar