nusabali

Hindari Kerusakan, Kotak Suara Pemilu Dibungkus Plastik

  • www.nusabali.com-hindari-kerusakan-kotak-suara-pemilu-dibungkus-plastik

BANGLI, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangli melakukan langkah antisipasi kerusakan kotak suara Pemilu 2024. Seluruh kotak suara dibungkus menggunakan kantong plastik agar tidak basah.

Seperti diketahui, kotak suara untuk Pemilu 2024 yang diterima KPU Bangli sebanyak 4.010 kotak.  Kotak suara ditempatkan di gudang A dengan daya tampung 1.450 kotak suara yang rencananya untuk memenuhi kebutuhan pemungutan suara di Kecamatan Susut dan Tembuku. Sementara di gudang B dengan daya tampung 2.560 kotak suara untuk memenuhi kebutuhan pemungutan suara di Kecamatan Bangli dan Kintamani.


Ketua KPU Bangli, Kadek Adiawan mengatakan pihaknya melakukan pembungkusan kotak suara dengan melibatkan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) se-Kabupaten Bangli. Pembungkusan ini dimaksudkan untuk antisipasi cuaca, mengingat kotak suara berbahan karton duplek. Pihaknya harus memastikan kotak suara tetap kering. "Pembungkusan dilakukan agar kotak suara lebih aman dari air," ujar Adiawan dihubungi, Rabu (3/1).

Diperkirakan pembungkusan kotak suara berlangsung 2-3 hari ke depan.  Ditanya terkait surat suara pemilihan legislatif (Pileg), Adiawan mengatakan untuk surat suara masih dalam proses cetak. Diperkirakan akan tuntas pada Kamis (4/1) hari ini dan langsung bisa dikirim ke Gudang KPU Bangli. 

"Sampai saat ini logistik yang sudah diterima sudah 80 persen. Yang belum diterima adalah surat suara DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten," ujar Adiawan. 7esa.

Komentar