nusabali

Surat Suara DPD RI Dicetak, KPU Bali Pastikan Seluruh Surat Suara Aman 11 Januari

  • www.nusabali.com-surat-suara-dpd-ri-dicetak-kpu-bali-pastikan-seluruh-surat-suara-aman-11-januari

DENPASAR, NusaBali.com - KPU Provinsi Bali mengejar target keterpenuhan logistik pemilu tahap kedua yakni surat suara yang ditentukan KPU RI paling lambat Kamis (11/1/2024) mendatang. Kini seluruh jenis surat suara sudah berada di Bali kecuali surat suara DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Bali.

Surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPR RI Dapil Provinsi Bali, DPRD Provinsi Bali, dan DPRD Kabupaten/Kota sudah berada di gudang logistik KPU Kabupaten/Kota. Surat suara PPWP datang terakhir pada paruh akhir bulan Desember 2023 silam.

Di beberapa kabupaten/kota, surat suara pemilu anggota legislatif (pileg) sudah rampung sortir/lipat sehingga menyusul memproses surat suara PPWP. Sementara itu, pencetakan surat suara DPD RI Dapil Bali diundur ke awal Januari 2024 ini yang sejatinya direncanakan dicetak pada paruh akhir Desember 2023.

"Sebenarnya pencetakan surat suara DPD RI Dapil Bali dikasih tanggal 28, 29, 30 (Desember 2023) tapi kami takut nanti di pertengahan jalan karena Natal dan tahun baru ini macet dan lain-lain. Jadi, kami dorong agar digeser ke 2, 3, 4, 5 Januari 2024," tutur Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan ketika dihubungi, Rabu (3/1/2024).

Pencetakan surat suara DPD RI Dapil Bali ini berbeda dengan tiga surat suara untuk pileg lainnya yang dicetak di PT Temprina Media Grafika Bali, Jalan HOS Cokroaminoto, Gang Katalia Nomor 26, Denpasar. Surat suara DPD RI Dapil Bali ini dicetak oleh PT Macananjaya Cemerlang di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Lidartawan memastikan target Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari yang menginginkan seluruh jenis surat suara sudah berada di gudang logistik KPU Kabupaten/Kota paling lambat Kamis pekan depan dapat dipenuhi jajaran KPU di Provinsi Bali.

"Mudah-mudahan tanggal 11 Januari, di Bali sudah lengkap (seluruh jenis surat suara)," imbuh Lidartawan yang juga mantan Ketua KPU Kabupaten Bangli dua periode ini.

Di samping itu, pengiriman logistik tahap dua ini juga termasuk bermacam model fomulir, sampul surat suara, dan lain-lain. Sedangkan, pengiriman logistik tahap satu disebutkan sudah rampung 100 persen. Logistik tahap satu ini termasuk bilik suara, kotak suara, tinta, dan segel. *rat

Komentar