nusabali

Jayaning Nusantara Sambut Tahun Baru 2024 di Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-jayaning-nusantara-sambut-tahun-baru-2024-di-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Kota Denpasar melepas tahun 2023 dengan menggelar Gelar Budaya Jayaning Nusantara di Kawasan Catur Muka, Minggu (31/12). Gelaran ini menampilkan kolaborasi seni tari, musik, karawitan, puisi, dan multimedia dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Denpasar ini dibuka dengan doa bersama. Kemudian, penampilan perdana diawali dengan kisah Gajah Mada yang bertekad untuk mempersatukan Nusantara. Kisah ini ditampilkan melalui kolaborasi seni tari, musik, dan karawitan.

Dalam sajian kolaborasi ini, turut ditampilkan berbagai tari nusantara, seperti Tari Saman dari Aceh, Tari Suku Dayak dari Kalimantan, Tarian Khas Banyuwangi dari Jawa Timur, Tarian Khas Papua, Tarian Janger dan Barong dari Bali.

Penampilan pemuncak acara ini dimeriahkan dengan penampilan penari-penari cilik dari Kota Denpasar yang menarikan Tari Pendet dan Tari Baris.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara, mengatakan bahwa gelar budaya ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pemkot Denpasar untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan.

"Gelar budaya ini juga menjadi ajang untuk mempromosikan kekayaan budaya Kota Denpasar dan Nusantara," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan di Kota Denpasar selama tahun 2023.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar yang telah mendukung pembangunan di tahun 2023. Saya menyadari bahwa masih banyak hal yang harus dioptimalkan, sehingga menjadi evaluasi untuk terus berbenah di tahun 2024 mendatang," ujarnya.

Jaya Negara juga menyampaikan beberapa program prioritas sebagai resolusi di tahun 2024 mendatang. Beberapa diantaranya yakni perbaikan Lampu Penerangan Jalan Umum melalui skema KPBU, Peningkatan Infrastruktur Jalan Kota dan Penataan Utilitas Kabel di Pusat Kota Denpasar.

"Semoga di tahun 2024 mendatang, Kota Denpasar semakin maju dan berkembang," ujarnya.

Gelaran budaya Jayaning Nusantara ini berlangsung meriah dan sukses menyedot perhatian masyarakat Kota Denpasar dan sekitarnya. Acara ini menjadi simbol semangat kebersamaan dan persatuan dalam menyambut tahun baru 2024.


Komentar