nusabali

KPU Badung Buka Infografis Pemilu untuk Publik

  • www.nusabali.com-kpu-badung-buka-infografis-pemilu-untuk-publik

MANGUPURA, NusaBali.com - Keterbukaan data dan informasi kepemiluan membantu masyarakat memahami dinamika pemilu dalam statistik. KPU Kabupaten Badung mengemas keterbukaan ini melalui laman website yang dapat diakses siapa saja dan di mana saja.

Ni Putu Rulyana Kusuma Wardani, Anggota KPU Badung Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menjelaskan, infografis data kepemiluan ini disusun untuk menyampaikan keterbukaan data dan informasi terkini terkait kepemiluan di Kabupaten Badung.

"Penyusunan infografis ini saran dari KPU RI sehingga nanti di Pemilu 2024, masyarakat tahu apa saja yang terjadi di hari H pemungutan suara, 14 Februari," ujar Ruly ketika dijumpai usai Media Gathering KPU Badung di Desa Dalung, Kuta Utara, Badung, Kamis (28/12/2023).

Infografis kepemiluan dari KPU Badung ini dapat diakses melalui tautan https://bit.ly/InfografisKPUBadung. Tautan itu akan mengarahkan masyarakat ke inforgrafis berformat aplikasi web di Google Looker Studio. Kata Ruly, infografis ini memiliki beberapa opsi.

Ada opsi yang menampilkan jumlah pemilih atau Daftar Pemilih Tetap (DPT), detail per kecamatan, termasuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS)-nya.

Selain jumlah TPS, ada opsi titik koordinat lokasi TPS. Masyarakat dapat mengetahui secara pasti titik lokasi TPS di seluruh wilayah Kabupaten Badung yang berjumlah total 1.485 TPS.

Ada pula opsi visualisasi grafik jumlah pemilih. Dalam visualisasi jumlah pemilih ini, masyarakat juga dapat membaca persentase sebarannya di masing-masing kecamatan di Kabupaten Badung.

Melalui aplikasi infografis ini, pemilih juga bisa melihat Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Kabupaten Badung. Opsi ini didukung opsi lain yakni sebaran asal partai politik DCT. Pemilih juga bisa membaca jumlah DCT perempuan dan sebarannya.

"Terdapat pula data pemilih disabilitas dan data pemilih yang terbagi atas generasi seperti Generasi X, milenial, Generasi Z, Baby Boomer, dan Pre Boomer," tutur Ruly yang juga mantan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Mengwi untuk Pemilu 2024 ini.

Selain data intrinsik kepemiluan, KPU Badung juga membuka data terkait penyelenggara pemilu, khususnya koordinat lokasi sekretariat. Mulai dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa/kelurahan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hingga KPU sendiri dibuka lokasinya.

Kata Ruly, hal ini untuk mempermudah masyarakat utamanya yang ingin mengajukan pindah memilih terlayani. Hingga H-7 hari pencoblosan nanti, masyarakat yang tercatat DCT dan ingin mencoblos di TPS tujuan bisa mengajukan pindah memilih.

Pindah memilih ini bisa diajukan ke KPU atau badan ad hoc di bawahnya seperti PPK dan PPS. Data dalam aplikasi infografis ini dapat memudahkan pemilih yang ingin pindah memilih untuk mengakses lokasi sekretariat PPK atau PPS terdekat.

"Terkait penambahan opsi-opsi lain di infografis ini mungkin akan ada nanti. Tetapi, kami tetap meminta bimbingan dulu ke KPU RI, apa-apa saja sekiranya perlu ditambahkan," beber Ruly, penyelenggara pemilu asal Banjar Sengguan, Kelurahan Sading, Mengwi, Badung. *rat

Komentar