nusabali

Festival Air Suwat Makin Eksis, Menuju Mimpi Besar

  • www.nusabali.com-festival-air-suwat-makin-eksis-menuju-mimpi-besar
  • www.nusabali.com-festival-air-suwat-makin-eksis-menuju-mimpi-besar

GIANYAR, NusaBali - Festival Air Suwat di Desa Suwat, Kecamatan/Kabupaten Gianyar semakin eksis. Festival ini konsisten digelar menjelang pergantian tahun. FAS ingin menggapai mimpi besar setelah gelaran ke-9 kali.

Bandesa Ageng Desa Adat Suwat Ngakan Putu Sudibya mengaku bangga karena FAS lahir dengan dana minimal, SDM yang terbatas, namun mampu bertahan hingga 9 tahun. 

“Berbagai dinamika muncul selama 9 tahun ini, kami tangkap sebagai energi positif untuk mendorong FAS lebih mendunia ke depannya,” ungkap Ngakan Sudibya, Kamis (28/12). 

Tahun ini FAS didesain lebih sederhana, melibatkan tokoh-tokoh lokal. Desa Adat Suwat menyerahkan penyelenggaraan FAS sepenuhnya kepada para yowana dari tiga banjar adat. 

Tujuannya memberi pengalaman kepada para yowana menggelar event. “Kami ingin mereka bisa keluar menjadi pemenang di era global. Kami mulai dari hal-hal kecil untuk menuju mimpi-mimpi besar tahun 2045,” tegas Ngakan Sudibya. 


Ngakan Sudibya sangat bangga dengan generasi muda Desa Adat Suwat yang selalu mau belajar dan bekerja keras untuk kepentingan desa. “Semoga ke depan para yowana ini menjadi orang-orang besar dan berhasil di berbagai bidang,” harapnya. 

Ketua panitia FAS, Putu Bayu Laksana menambahkan FAS tahun ini fokus pada tiga kegiatan pokok yakni jalan santai sambil bersih-bersih lingkungan, perang lumpur, dan perang air. 

“Kami mengundang semua orang untuk datang dan mengikuti semua kegiatan. Puncak acara yakni perang air atau Siat Yeh digelar pada 1 Januari 2024 di catuspata Desa Adat Suwat sekitar pukul 13.30 WITA,” ungkap Bayu. 7 nvi

Komentar