nusabali

Ini Dia 5 Jenis Kembang Api untuk Meriahkan Malam Tahun Baru

  • www.nusabali.com-ini-dia-5-jenis-kembang-api-untuk-meriahkan-malam-tahun-baru

DENPASAR, NusaBali.com - Malam Tahun Baru merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Selain untuk merayakan pergantian tahun, malam pergantian tahun ini juga menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat merayakan malam Tahun Baru adalah pesta kembang api. Kembang api akan menambah kemeriahan dan membuat malam Tahun Baru menjadi lebih berkesan.

Di Bali, kembang api merupakan salah satu tradisi yang selalu ada dalam perayaan malam Tahun Baru. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak jenis kembang api yang bisa kamu coba?

Putu Agus Saputra, salah seorang pedagang yang malang melintang dalam bisnis penjualan kembang api di Bali sejak 2005, menyebutkan  ada 5 jenis kembang api seperti di bawah ini.

Sparkle
Sparkle merupakan jenis kembang api yang paling umum digunakan. Bentuk dari jenis kembang api ini lebih menyerupai sebuah stick berukuran kecil. Ketika dibakar, sparkle akan mengeluarkan percikan bunga-bunga api yang sangat indah.

Sparkle sangat cocok untuk digunakan oleh anak-anak karena cara penggunaannya yang cukup sederhana. Kamu hanya cukup memegang atau pun menggantung batang stick sparkle, agar dapat menikmati keindahan dari bunga api yang dihasilkan.

Roman Candles
Roman Candles adalah jenis kembang api berbentuk batang. Jenis ini cukup diminati masyarakat dalam momen-momen memeriahkan perayaan akhir tahun. Berbeda dengan sparkle, bunga api yang dihasilkan dari jenis Roman Candles jauh lebih besar. Oleh karena itu, penggunaan kembang api jenis ini membutuhkan ruang yang sedikit lebih terbuka.

Roman Candles memiliki berbagai macam efek, seperti peony, report, stars, strobe, whistle, dan sebagainya. Kamu bisa memilih efek yang sesuai dengan seleramu.

Air Mancur
Air Mancur memiliki percikan bunga api yang sangat unik. Seperti namanya, air mancur dapat menghasilkan bunga api dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain itu, keindahan dari jenis kembang api yang satu ini juga terletak pada kombinasi warna yang dihasilkan. Air Mancur sangat cocok digunakan bagi mereka yang lebih memprioritaskan durasi dari percikan bunga apinya.

Aerial Spinners
Kembang api ini lebih dikenal dengan nama kembang api gasing. Sebutan tersebut disebabkan oleh tampilannya yang akan berputar-putar di darat, saat dibakar. Saat berputar, aerial spinners akan menghasilkan percikan bunga api dengan warna yang sangat menawan.

Aerial Spinners memiliki berbagai macam efek, seperti crackle, spray, dan whistle. Kamu bisa memilih efek yang sesuai dengan seleramu.

Rocket atau Missiles
Rekomendasi terakhir dari jenis kembang api yang dapat kamu gunakan untuk perayaan akhir tahun adalah tipe rocket atau missiles.

Seperti namanya, model tembakan dari jenis kembang api ini hampir menyerupai sebuah rocket. Umumnya, kembang api ini perlu ditancapkan ke tanah atau media lainnya, sebagai alat bantu.

Saat dibakar, kembang api tersebut akan terdorong ke udara dan menghasilkan efek yang beragam.

Rocket atau Missiles memiliki berbagai macam efek, seperti chrysanthemum, comet, crackle, dahlia, falling leaves, glitter, multi-effect, strobe, dan masih banyak lagi.

Itulah 5 jenis kembang api untuk memeriahkan malam Tahun Baru di Bali. Dengan berbagai macam efek dan pilihan yang tersedia, kamu pasti bisa menemukan kembang api yang sesuai dengan seleramu.

Namun saat berpesta dengan kembang api, pastikan keamanan lingkungan. Pastika kembang api tidak akan jatuh di area yang mudah terbakar dan membahayakan lainnya. *ol4


Komentar