nusabali

Timbunan Sampah Malam Perayaan Tahun Baru di Buleleng Capai 155 Ton

  • www.nusabali.com-timbunan-sampah-malam-perayaan-tahun-baru-di-buleleng-capai-155-ton

SINGARAJA, NusaBali - Perayaan malam tahun baru 2024 di sejumlah fasilitas umum di Buleleng menyisakan banyak sampah berserakan.

Tercatat, pada perayaan tahun baru Minggu (31/12) malam kemarin, menimbulkan 155 ton sampah. Sampah- sampah yang didominasi oleh plastik itu dikumpulkan oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng Gede Melandrat mengatakan, sampah perayaan malam tahun baru berupa bekas kembang api dan sampah sisa kuliner dari para pengunjung yang berkunjung di sejumlah fasilitas umum yang ada di Buleleng. Atas kondisi itu, pihaknya pun telah melakukan antisipasi lebih awal.

Biasanya petugas melakukan pembersihan mulai pukul 06.00 Wita, pihaknya menginstruksikan petugas untuk membersihkan lebih awal yakni pada pukul 05.00 Wita. “Perayaan pergantian tahun baru pasti sampah banyak. Jadi kami bersihkan lebih awal, sehingga memberikan kenyamanan pengunjung,” jelas Melandrat, dikonfirmasi Senin (1/1).

Kata Mendarat, tumpukan sampah di perayaan tahun baru tahun ini meningkat dibandingkan tahun baru sebelumnya. Pengaruhnya yakini pada perayaan malam tahun baru 2023 cuaca di Kabupaten Buleleng sangat mendukung. Sehingga banyak masyarakat yang menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga di sejumlah fasilitas umum.

“Kunjungan ke fasilitas umum yang ramai tentu akan berdampak pada timbunan sampah. Sampah-sampah itu baru bisa dibersihkan pada pukul 09.00 tadi pagi,” imbuhnya.

Sampah-sampah yang sudah di bersihkan, Melandrat menyebut sudah dilakukan pemilahan. Setelah dilakukan pemilahan lalu akan dikirim ke TPA Bengkala khusus untuk sampah plastik. 7 mzk

Komentar