nusabali

Menanti Kejutan Ogoh-Ogoh ST RUPPTI Dauh Puri Kangin

  • www.nusabali.com-menanti-kejutan-ogoh-ogoh-st-ruppti-dauh-puri-kangin

DENPASAR, NusaBali.com - ST RUPPTI (Sekaa Teruna Rukun Pemuda Pemudi Titih), Desa Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat, tengah menggarap ogoh-ogoh untuk menyambut Hari Raya Nyepi 1946 2024. Ogoh-ogoh ini memiliki tinggi satu karakter berukuran 3,5 meter dan terdiri dari 5 karakter.

Made Fillo Dinantara selaku Koordinator Tim Kreatif ST RUPPTI mengatakan, penggarapan ogoh-ogoh ini dimulai dari nuasen pada akhir November lalu. Pengerjaan ogoh-ogoh sendiri dimulai pada awal Desember.

"Pada Nyepi 2023 lalu, tepatnya pada Caka 1945 sempat membuat ogoh-ogoh jumbo, namun tidak ikut lomba. Pada ogoh-ogoh yang kami garap kali ini terdapat 5 karakter ogoh-ogoh dengan tinggi satu karakter ogoh-ogoh berukuran 3,5 meter," ujar Fillo saat ditemui pertengahan bulan Desember ini.

Namun untuk tema masih belum ditetapkan. Saat ini pengerjaan ogoh-ogoh memasuki 20 persen. Untuk panjang, tinggi dan lebar ogoh-ogoh belum dapat dipastikan karena masing-masing ogoh-ogoh jika digabungkan kelimanya belum dapat ditotalkan.

"Ogoh-ogoh ini menggunakan sistem bongkar pasang yang nantinya jika sudah memasuki tahapan 80-90 persen (menuju finishing) akan dirakit dan dirancang di luar banjar, mengingat ukuran banjar kami yang begitu kecil," kata Fillo.

Fillo mengungkapkan, hingga saat ini ST RUPPTI telah mengeluarkan dana sebesar Rp 14 juta untuk pengerjaan ogoh-ogoh ini. Dana tersebut berasal dari swadaya masyarakat banjar dan donatur. *m03

Komentar