nusabali

STY Optimistis Indonesia Penuhi Target di Piala Asia

Struick, Jenner, dan Walsh Gabung Kamis, Amat Terapi di Spanyol

  • www.nusabali.com-sty-optimistis-indonesia-penuhi-target-di-piala-asia

JAKARTA, NusaBali - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) menatap optimistis mampu memenuhi target lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 pada 12-10 Februari 2024. Optimisme itu didasari karena STY melihat 28 pemain yang menjalani pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, semua bekerja keras untuk mewujudkan target yang diinginkan.

“Menghadapi Piala Asia, saya tetap berani dan optimistis, karena saya melihat para pemain sangat bekerja keras, dengan itu pasti akan bisa mewujudkan target yang kita inginkan,” kata STY, di laman resmi PSSI, Rabu (27/12).

Pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan kondisi para pemain di TC Antalya, Turki. Dia mengatakan para pemainnya kini sedang dalam kondisi lelah dan pegal karena menjalani intensitas tinggi latihan yang diprogramnya untuk Piala Asia 2023.

“Sampai sebelum berangkat ke Qatar, saya membuat jadwal atau program latihan selama di Turki dengan intensitas tinggi. Latihan hari ini fokus meruntuhkan lini lawan dengan cara passing pendek, dan di ruang kecil itu bagaimana kita bisa passing dan orang ketiga yang bergerak,” kata STY.

Lebih jauh STY juga mengonfirmasi pemain timnas Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Sandy Walsh akan mulai bergabung di TC pada hari Kamis (28/12) ini. Sedangkan Elkan Baggott dan Justin Hubner bergabung pada 1 dan 2 Januari 2024, sesuai aturan FIFA.

Selain itu, STY mengungkapkan bahwa Jordi Amat juga baru bisa bergabung dengan skuad Merah Putih pada Kamis (28/12) karena sedang terapi cedera bahu di Spanyol.

Dalam TC di Turki para pemain menyantap menu latihan penguatan fisik. Pelatih fisik Shin Sang-gyu mengatakan ada beberapa jenis latihan untuk gym yang dijalani Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan. 

"Salah satunya adalah memperkuat otot-otot kecil. Dalam waktu yang diberikan ini, kami memaksimalkannya, supaya dapat hasil yang sempurna. Dalam waktu singkat ini, memang sulit juga untuk meningkatkan kekuatanya langsung, tetapi memang otot-otot kecil yang dikembangkan, akan berdampak ke stamina pemain sekarang," kata Shin Sang-gyu.

Menurut Shin Sang-gyu saat ini stamina dari para pemain timnas Indonesia masih sangat kurang. Namun menurutnya para pemain mempunyai potensi stamina yang baik dan dapat ditingkatkan jika menjalani latihan gym terus menerus.

Sementara itu, Yakob Sayuri mengungkapkan, dirinya teman-temannya terus semangat menjalani latihan dan dia pun siap menatap Piala Asia nanti. Menurutnya, latihan fokus core dan penguatan perut. Dia menyebutkan antusias para pemain sangat tinggi. 

“Kondisi saya sangat baik setelah bergabung di TC dengan latihan yang diberikan oleh head coach, sangat siap untuk menghadapi Piala Asia nanti," kata Yakob Sayuri.

Meski begitu, Yakob menyatakan menemui kendala dalam beradaptasi dengan cuaca di Turki, tapi lama kelamaan pemain PSM Makassar tersebut bisa menyesuaikan dengan baik. 

Selama TC Turki sampai 6 Januari 2024, para penggawa Merah Putih juga dijadwalkan menjalani uji coba pada 2 dan 5 Januari 2024 melawan Libya di Antalya. Lalu di Qatar pada 9 Januari 2024 akan melawan Iran sebagai ujicoba terakhir. Nantinya, hanya 26 pemain yang dibawa ke Qatar untuk Piala Asia 2023.

Indonesia akan bersaing bersama Vietnam, Irak, dan Jepang di Grup D. Skuad Garuda menjalani laga perdana melawan Irak pada 15 Januari 2024 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan. ant

Komentar