nusabali

Libur Nataru, Underpass Simpang Dewa Ruci Macet

  • www.nusabali.com-libur-nataru-underpass-simpang-dewa-ruci-macet

MANGUPURA, NusaBali - Libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) berdampak terhadap meningkatnya volume kendaraan di Kabupaten Badung. Seperti terlihat di Underpass Simpang Dewa Ruci, kendaraan terpaksa berjalan merayap, baik yang dari Denpasar menuju Nusa Dua maupun dari arah sebaliknya.

“Ini memang sering terjadi setiap tahun. Kemacetan tersebut diakibatkan oleh penambahan volume kendaraan akibat libur Natal dan Tahun Baru. Ditambah lagi usaha oleh-oleh di ruas jalan yang parkirnya tidak menampung kendaraan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Badung AA Ngurah Rai Yuda Darma, Selasa (26/12).

Guna memantau kondisi tersebut, petugas telah siaga memantau kondisi arus lalu lintas melalui Comand Center Room (CC Room). Tidak saja khusus di kawasan Underpass Simpang Dewa Ruci, pemantauan juga dilakukan di titik lainnya. Dikatakan, terdapat 36 kamera CCTV di 34 persimpangan di Gumi Keris saat ini.

Masih menurut Yuda Darma, pengawasan juga dilakukan di ruas jalan Mengwitani-Kapal-Lukluk-Sempidi pada waktu arus libur Nataru. Sebab, ruas jalan ini merupakan pintu masuk ke Badung.

Begitu pula, lanjutnya, tim juga fokus pada pengamanan arus kendaraan di Pantai Kuta dan Tibubeneng. Kata dia, penjagaan khusus ada di jalan pantai bersama pihak kepolisian. Pihaknya bertugas membantu kepolisian untuk penjagaan dan pengaturan dengan plotingan petugas di beberapa simpang menuju destinasi wisata.

“Kewenangan di jalan ada di rekan kepolisian, termasuk tindakan menderek merupakan kewenangannya. Sebab, tindakan terhadap pelanggaran lalu lintas kita membantu personel dan kendaraan apabila diperlukan,” kata Yuda Darma. 7 ind

Komentar