nusabali

Rayakan Natal, Ribuan Jemaat Meluber di Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Nusa Dua

  • www.nusabali.com-rayakan-natal-ribuan-jemaat-meluber-di-paroki-maria-bunda-segala-bangsa-nusa-dua

MANGUPURA, NusaBali.com - Perayaan Natal di Gereja Katolik Paroki Maria Bunda Segala Bangsa di Jalan Kuruk Setra Kompleks Puja Mandala Nusa Dua, Badung berlangsung meriah pada Senin (25/12/2023).

Sebanyak 2.500 jemaat hadir dalam perayaan tersebut, yang berhasil dikoordinir dengan baik oleh panitia. Menariknya, kehadiran umat tidak hanya berasal dari Nusa Dua, tetapi juga dari luar Bali dan wisatawan asing.

Pastor Gereja Katolik Paroki Maria Bunda Segala Bangsa, Romo Adianto Paulus Harun menyampaikan bahwa perayaan Natal tahun ini berjalan dengan lancar dan meriah. Romo Adianto menyebutkan bahwa situasi semakin baik dan dukungan cuaca yang bersahabat menjadi faktor utama peningkatan jumlah umat yang hadir.

“Perayaan Natal hari ini berjalan dengan baik, umat yang hadir sekitar 2.500 orang dan umat yang hadir bukan dari Nusa Dua tetapi juga ada yang dari luar bali dan wisatawan asing,” ujar Romo Adianto saat ditemui seusai ibadah pada Senin (25/12/2023) siang.

Lebih lanjut ia katakan, perayaan Natal tahun ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya. Jumlah umat yang hadir meningkat sekitar 40 persen, dari 1.400 orang menjadi 2.500 orang. Romo Adianto menyebutkan bahwa situasi semakin baik dan dukungan cuaca yang bersahabat menjadi faktor utama peningkatan ini.

“Tahun lalu kan masih pandemi, jadi banyak yang masih takut untuk datang. Tahun ini kan sudah lebih baik, jadi banyak yang datang,” ujarnya.

Terlebih, sebelum perayaan Natal, umat telah menjalani masa adven selama empat minggu. Saat itu, umat mempersiapkan diri untuk menyambut Kristus dalam perayaan Natal. 

Rangkaian ibadah tersebut melibatkan perarakan masuk yang berlangsung selama 1 jam 30 menit. Mengusung tema ‘Berjalan Bersama Sang Sabda Menuju Gereja Sinodal’ diharapkan semangat Natal tahun ini dapat memotivasi umat untuk tumbuh dalam iman, hidup bergereja, dan bersatu dalam mewujudkan kerajaan Allah di tengah dunia.

“Harapannya tentu dengan semangat Natal umat bisa berkembang dan bertumbuh dalam iman, semakin semangat dalam hidup bergereja dan semakin bersemangat untuk berjalan bersama dengan tuhan, saudara saudari seiman maupun yang tidak seiman untuk bisa mewujudkan kerajaan Allah yaitu damai suka cita dan keselamatan di tengah dunia,” harapnya.

Santa Claus membagikan kado bagi anak-anak.

Ada yang unik dari perayaan Natal tahun ini, setelah ibadah Misa kedua selesai, sosok Santa Claus tetap menjadi bagian tak terpisahkan dalam perayaan Natal. Pada hari ini, dalam sesi kedua perayaan, disiapkan 500 kado yang dibagikan kepada anak-anak untuk memeriahkan suasana.

“Setiap tahun selalu ada Santa Claus karena itu sangat erat dalam perayaan natal. Kita juga di Puja Mandala ini selalu berkoordinasi, mendukung satu sama lain baik itu soal penyediaan tempat parkir atau juga menjaga kenyamanan dan keamanan bersama,” paparnya.

Rangkaian acara Natal dimulai sejak Minggu (24/12/2023) malam, dengan perayaan malam Natal. Misa Raya Natal dilaksanakan pada Senin (25/12/2023), dibagi menjadi tiga kali Misa.

Misa pertama dipimpin oleh Romo Hans Widjaja pada pukul 07.00 Wita, Misa kedua oleh Romo Adianto Paulus Harun pada pukul 09.30 dan Misa ketiga oleh Romo Ferdi Panggur pukul 18.00 Wita. Acara berlanjut dengan Oktaf Natal atau Natal Kedua pada Selasa (26/12) pukul 18.00 Wita. *ris

Komentar