nusabali

Buleleng Raih Penghargaan Parahita Ekapraya

Konsisten Jaga Pengarusutamaan Gender

  • www.nusabali.com-buleleng-raih-penghargaan-parahita-ekapraya

SINGARAJA, NusaBali - Kabupaten Buleleng mendapatkan kado indah di penutup tahun 2023. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, memberikan penghargaan Parahita Ekapraya kategori pratama kepada Buleleng, atas konsistensinya menjaga Pengarusutamaan Gender (PuG), secara daring Selasa (19/12) petang.

Penghargaan yang masa penilaiannya sejak tahun 2021, diterima Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana secara daring. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB3A) Buleleng I Nyoman Riang Pustaka mengatakan, penghargaan diberikan atas komitmen pemerintah kabupaten mewujudkan kesetaraan gender. Serta pemberdayaan perempuan dalam bidang pembangunan di Buleleng.

Proses penilaian berlangsung sangat panjang. Kabupaten Buleleng dalam melaksanakan Pengarusutamaan Gender (PUG) dimulai dengan rencana aksi daerah tentang PUG. Hal ini direalisasikan dengan menetapkan kelompok kerja PUG, perencanaan penganggaran berbasis gender dari masing masing SKPD di Kabupaten Buleleng dan kerjasama dengan organisasi wanita di Buleleng.

Selain itu juga ada program peningkatan kapasitas perempuan melalui pelatihan pemberdayaan perempuan. Serta pembentukan Desa Ramah Perempuan dan Perlindungan Anak (DRPPA) yang kini sudah terbentuk di Desa Tambakan Kecamatan Kubutambahan dan Desa Panji Kecamatan Sukasada. Program pelatihan rutin Sahabat Anak dan Perempuan (SAPA) juga diagendakan setiap tahunnya.

“Upaya yang kita jalankan ini menjawab semua tantangan dalam kesetaraan gender sekaligus mendorong percepatan responsif gender di Buleleng,” ucap Riang Pustaka.

Mantan Camat Buleleng ini pun  berharap kedepannya semakin banyak masyarakat Buleleng menyadari perlunya kesetaraan gender di tengah kehidupan bermasyarakat. Menjaga hubungan laki laki dan perempuan, juga mengakui kesetaraan gender terhadap lansia, anak dan penyandang disabilitas.

Sementara itu, Menteri KemenPPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam sambutannya penghargaan ini diberikan untuk menghindari diskriminasi, tindak kekerasan pada perempuan. Selain memastikan akses di semua bidang dan manfaat bagi perempuan dapat terbuka lebar.

“Kebijakan yang diskriminatif harus kita hapuskan untuk mencapai tujuan perempuan berdaya, Indonesia unggul,” tegas menteri asal Bali ini.

Penganugerahan Parahita Ekapraya merupakan Penganugerahan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Penghargaan ini digelar sejak tahun 2004 dan sejak 2018 yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Ada 5 kategori penghargaan yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Mentor. Hasil Verifikasi Akhir terdapat 12 Kementerian/Lembaga, 25 Provinsi dan 237 Kabupaten/Kota di Indonesia yang menerima Penganugerahan Parahita Ekapraya Tahun 2023. 7k23

Komentar