nusabali

Bupati Sedana Arta Pastikan Sejumlah Proyek Tuntas

Jelang Tutup Tahun, Sidak Proyek MPP dan Pasar Singamandawa

  • www.nusabali.com-bupati-sedana-arta-pastikan-sejumlah-proyek-tuntas

BANGLI, NusaBali - Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta melakukan sidak pembangunan proyek gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Bangli yang berlokasi di Kelurahan Kawan, Kecamatan/Kabupaten Bangli, Senin (18/12).

Kegiatan ini juga diikuti tim Pembangunan Kabupaten Bangli. Bupati Sedana Arta memastikan kegiatan pembangunan yang masih berlangsung dapat tuntas tepat waktu.

Di sela-sela kegiatan Bupati Sedana Arta mengatakan pihaknya melakukan sidak di dua lokasi, yakni pembangunan gedung MPP dan Pasar Singamandawa Kintamani. Dalam pelaksanaan tidak dipungkiri ada beberapa kendala seperti kendala pendanaan. Untuk gedung MPP dibayarkan melalui dana BKK Provinsi Bali. Pembayaran baru bisa dilakukan tahun 2024.

Foto: Bupati Sang Nyoman Sedana Arta saat melakukan sidak pembangunan di Pasar Singamandawa, Kecamatan Kintamani, Bangli. -IST

"Untuk kegiatan yang sudah berjalan dan belum terbayarkan, akan dibayar di tahun 2024. Di bulan Februari seluruh pembiayaan akan ditransfer ke kas daerah," jelasnya. Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini mengapresiasi pelaksana kegiatan (kontraktor) yang tidak mundur dan komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan meski belum dibayar tahun ini. Menurutnya, hal ini akan menjadi bahan pertimbangan ke depannya. "Kami menyampaikan apresiasi dan akan memberikan reward. Tentu ini menjadi catatan dan rekam jejak yang baik," sambungnya.

Untuk pembangunan gedung MPP juga menunjukkan deviasi positif. Politisi PDIP ini menyebutkan untuk gedung MPP belum 100 persen. Tahun depan pemerintah daerah kembali mengalokasikan anggaran untuk pemenuhan fasilitas pendukung. Ditargetkan gedung ini bisa difungsikan saat HUT Bangli pada 10 Mei 2024 mendatang. "Untuk fasilitas pelengkap kami anggarkan Rp 3 miliar," ujarnya. Dengan itu, OPD dan instansi lainnya sudah bisa menempatkan perwakilan di gedung MPP.

Bupati Sedana Arta berharap pelayanan kepada masyarakat menjadi optimal. "Semua layanan akan ada di sini, termasuk untuk masuknya investasi di Bangli," kata Bupati Sedana Arta. Di sisi lain, Bupati Sedana Arta akan menerjunkan tim teknis untuk mengecek progres seluruh kegiatan pembangunan di Bangli. Dia memastikan seluruh kegiatan bisa tuntas tepat waktu. Tahun 2023 diakui merupakan APBD yang terpadat.

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangli, Jetet Hebron mengatakan untuk pengerjaan gedung MPP menunjukkan deviasi positif. Realisasi 94,72 persen dari rencana 94,6671 persen.

Untuk pembangunan gedung MPP target tuntas 29 Desember 2023 mendatang. Dia pun optimis kegiatan bisa tuntas tepat waktu. "Untuk saat ini masih pengerjaan interior dan stil Bali," sebutnya.

Diakui ada beberapa fasilitas yang belum diakomodir tahun ini. Sehingga tahun 2024 nanti kembali akan dilakukan pemenuhan fasilitas di gedung MPP. Jetet Hebron menambahkan untuk gedung MPP akan dimanfaatkan untuk kantor DPMPTSP tepat di lantai II, kemudian untuk layanan masyarakat akan dipusatkan di lantai I.

Ke depan di gedung MPP akan ada pelayanan dari Dinas PUPR Perkim, Disdukcapil, BKPAD, Dinas Pendapatan Provinsi Bali (Samsat), Polres Bangli, ATR/BPN Bangli, Kementerian Agama, Kejari Bangli, PN Bangli, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PDAM, BPD, PMI maupun pihak swasta. "Untuk swasta contoh tiket/travel. Untuk yang swasta nantinya menggunakan sistem," terangnya. @ esa

Komentar