nusabali

Polres Miliki Lapangan Uji Praktik SIM

  • www.nusabali.com-polres-miliki-lapangan-uji-praktik-sim

Setelah bertahun-tahun meminjam lahan Pemkab Gianyar, di parkir Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, kini Polres Gianyar miliki lapangan Ujian Praktik SIM. 

GIANYAR, NusaBali
Lapangan ini di sisi utara halaman Mapolres Gianyar, diresmikan, Senin (17/7) sore, oleh Kapolres Gianyar AKBP Djoni Widodo. 

Kapolres Widodo mengatakan pembuatan lapangan ini mendesak. Karena selama ini masyarakat pemohon SIM baru harus ke areal Parkir DLH, kawasaan Taman Makan Pahlawan Gianyar, untuk ujian praktik. “Selama ini lokasi ujian praktik dengan ujian teori, cukup jauh. Yang tahu lokasi gak masalah, nah yang gak tahu kan muter-muter,” ujarnya.

Pihaknya pun mengaku sejak bergabung di Polres Gianyar, lapangan ujian praktik SIM ini menjadi perhatian khusus. “Terutama sejak saya masuk di awal. Ingin beri pelayanan maksimal kepada masyarakat. Maka sebagian lapangan Mapolres saya aspal, gambar sesuai standar dan resmi dioperasikan per hari ini,” jelasnya. 

Guna ntuk memaksimalkan pelayanan, pihaknya menyiagakan satu unit mobil SIM keliling. Namun layanan SIM keliling ini hanya bisa untuk pelayanan perpanjangan SIM. “Untuk pemohon SIM baru, tetap harus melalui mekanisme. Ujian praktik, tes tulis, tes kesehatan, dan administrasi lainnya,” imbuhnya.

Kasat Lantas Polres Gianyar AKP I Gde Putra Astawa menjelaskan, pemohon SIM di Gianyar per hari 150 - 200 orang, baik pemohon SIM baru dan perpanjangan. “Banyak juga pemohon SIM kalangan dewasa yang lupa memperpanjang pemberlakuan SIM, sehingga harus bikin baru,” terangnya.

Untuk diketahui, ujian praktik SIM ini terdapat kriteria yang harus dipenuhi pemohon SIM. Misalnya, pemohon SIM C berkendara zigzag dan angka 8, dan menikung. Selama ujian berkendaraan, pemohon SIM tidak boleh menurunkan kaki setelah melaksanakan start, menabrak traffic kun, dan melewati pembatas. Pemohon SIM A harus melewati zigzag, parkir seri, berhenti di tanjakan dan jalan lagi, serta berhenti di turunan dan jalan lagi. *nvi

Komentar