nusabali

PDIP Buleleng Latih 11.565 Saksi dan Guraklih

  • www.nusabali.com-pdip-buleleng-latih-11565-saksi-dan-guraklih

Regu Penggerak Pemilih (Guraklih) bertugas mengkondisikan dan menggalang pemilih datang ke TPS, hingga mempengaruhi dan mengajak pemilih memilih caleg dari PDIP.

SINGARAJA, NusaBali
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan melatih 11.565 orang saksi dan Regu Penggerak Pemilih (Guraklih) untuk mengawal Pemilu 2024. Pelatihan dilakukan serentak di seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) 9 Kecamatan wilayah Kabupaten Buleleng, Minggu (17/12). Masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) akan ditempatkan 2 orang saksi dan 3 orang guraklih.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Buleleng Gede Supriatna, menjelaskan sebanyak 11.565 orang saksi dan guraklih ini disiapkan untuk ditugaskan di 2.275 TPS yang ada di Kabupaten Buleleng. Mereka akan bertugas sesuai fungsinya. Jika saksi bertugas mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara di dalam TPS, guraklih bertugas mengkondisikan dan menggalang pemilih datang ke TPS menggunakan hak suaranya.

“Ini (saksi dan guraklih) bagian dari pasukan organik kami dalam upaya memenangkan partai, caleg maupun capres dan cawapres dari PDI Perjuangan. Hari ini (kemarin) mereka dilatih secara serentak oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI Perjuangan,” kata Supriatna.

Ketua DPRD Buleleng ini juga menyebut guraklih dibentuk untuk mengamankan suara PDI Perjuangan. Seluruh guraklih di masing-masing desa sudah bekerja, dari pendataan pemilih di masing-masing TPS hingga mempengaruhi dan mengajak pemilih memilih caleg dari PDI Perjuangan.

“Penggalangan pemilih ini dilakukan guraklih bersama dengan struktur partai, simpatisan, dan relawan dari masing-masing caleg juga. Guraklih yang melakukan mobilisasi sampai penjemputan dari rumah ke TPS kalau memang diperlukan,” tandas Supriatna. 7 k23

Komentar