nusabali

Lima Parpol Tak Ambil Kesempatan Sosialisasi di Expo Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-lima-parpol-tak-ambil-kesempatan-sosialisasi-di-expo-pemilu-2024

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak lima partai politik (parpol) peserta pemilu di Kabupaten Buleleng absen dalam Expo Pemilu 2024 yang dilaksanakan KPU Buleleng, Minggu (17/12) sore hingga malam. Ajang sosialisasi Pemilu 2024 sekaligus penyampaian visi misi parpol peserta pemilu dipusatkan di Lapangan Bhuana Patra.

Kelima parpol yang tidak ambil kesempatan sosialisasi ini adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Garuda, Partai Perindo, Partai Ummat, dan Partai Bulan Bintang. 

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana dikonfirmasi di lokasi mengatakan Expo Pemilu 2024 ini sebenarnya kegiatan terintegrasi antara KPU Buleleng sebagai penyelenggara dengan parpol peserta pemilu.

Ketidakhadiran sejumlah parpol dalam ajang sosialisasi tahapan kampanye ini, diserahkan sepenuhnya pada parpol yang bersangkutan. Seluruh partai yang tidak hadir sudah mengkonfirmasi sebelumnya.

“Masalah kondisi dan situasi internal parpol kami tidak mencampuri. Masalah ikut atau tidak (Expo Pemilu 2024, Red), kami menyerahkan sepenuhnya ke parpol,” ujar Dudhi.

KPU Buleleng juga menyebut tidak membatasi kehadiran masyarakat untuk datang. Bahkan harapannya lebih banyak masyarakat maka sosialisasi Pemilu 2024 akan lebih banyak diketahui dan sampai ke masyarakat.

Expo Pemilu 2024 ini juga diisi sejumlah kegiatan, mulai dari jalan santai, lomba band, donor darah hingga orasi dari masing-masing parpol. Seluruh parpol peserta pemilu diberikan waktu menyampaikan visi misi dan program kerja partai selama lima menit. Di penghujung acara juga dihadirkan hiburan, penyanyi Bali Nanoe Biroe.

Menurut Dudhi lomba band dan hiburan artis lokal ini merupakan salah satu kiat KPU Buleleng untuk menarik minat anak muda datang ke acara sosialisasi Pemilu 2024. Seperti lomba band diikuti oleh enam peserta yang berasal dari murid SMA/SMK dan mahasiswa asal Buleleng. Metode sosialisasi menyasar anak muda juga sedang dirancang, sehingga target mendongkrak partisipasi pemilih pemula dan pemilih milenial dapat terwujud.

Sementara itu, hingga Minggu malam pengurus lima parpol yang tidak hadir dalam Expo Pemilu 2024, belum dapat dikonfirmasi. Ketua DPC Partai Ummat Buleleng Haris Budiman dan Ketua DPC PBB Buleleng Anzhar dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, centang dua namun belum dibaca/direspons. Begitu pula Ketua DPD Perindo Buleleng I Wayan Suyama dan dari Partai Amanat Nasional (PAN) Buleleng Agung Prakarsa, saat dihubungi melalui pesan WhatsApp hanya centang satu. Sedangkan Partai Garuda sejak pendaftaran caleg, kepengurusan di Buleleng sudah membubarkan diri. 7 k23

Komentar