nusabali

Ratusan Personel Dishub Badung Siaga Nataru

  • www.nusabali.com-ratusan-personel-dishub-badung-siaga-nataru

MANGUPURA, NusaBali - Ratusan personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung akan disiagakan selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Mengingat Badung menjadi tujuan wisatawan yang bakal menghabiskan libur Nataru, diprediksi akan terjadi peningkatan volume lalu lintas di Kawasan Kuta dan objek wisata lainnya di Badung Selatan.

“Kami mengerahkan sebanyak 164 petugas operasional lapangan dalam kegiatan penjagaan, pengamanan, dan pengaturan lalu lintas di wilayah Badung dalam rangka Nataru,” ujar Kadishub Kabupaten Badung AA Ngurah Rai Yuda Darma, Minggu (17/12).

Menurutnya, personel yang dikerahkan berasal dari UPTD P2TP Badung Selatan sebanyak 76 orang, UPTD P2TP Badung Utara sebanyak 70 orang, dan personel ATCS 18 orang. Yuda Darma menjelaskan, ratusan personel ini akan disiagakan di empat titik seperti Pos Pelayanan Terpadu di Terminal Tipe A Mengwi, Pos Pengamanan Tibubeneng, Pos Pengamanan Pantai Kuta, dan pos yang didirikan oleh rekan kepolisian dan Balai Pengelola Trasportasi Darat XII Bali-NTB.

Pengamanan Nataru, lanjutnya, juga akan berkolaborasi dengan sejumlah instansi terkait. “Ini merupakan kegiatan rutin yang merupakan kolaborasi antar seluruh pemangku kepentingan di bidang lalu lintas. Seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Jasa Raharja, Satpol PP dan pemangku kepentingan lainnya,” jelas Yuda Darma sembari menyebut rapat koordinasi kesiapan pengamanan Nataru sudah dilakukan di Polres Badung pada 12 Desember 2023 dan di Polresta Denpasar pada 13 Desember 2023.

Dikatakan, penugasan personel operasional Dishub disiapkan dalam tiga shift untuk setiap harinya di Pos Pelayanan (Posyan) maupun di Pos Pengamanan (Pospam), dengan penugasan setiap shif 2 orang. “Sehingga setiap hari disiapkan 6 orang personel untuk Pospam dan Posyan yang ada di Badung Utara dan di Badung Selatan,” jelasnya.

“Sementara untuk pengalihan arus akan disusun oleh kepolisian dalam hal ini Polresta Denpasar yang berkolaborasi dengan kami dan stakeholder terkait di Kelurahan Kuta seperti desa adat, Kelurahan Kuta, LPM Kuta, dan Kecamatan Kuta,” imbuh Yuda Darma. 7 ind

Komentar