nusabali

Tembok Rumah Warga di Tianyar Tengah Jebol

  • www.nusabali.com-tembok-rumah-warga-di-tianyar-tengah-jebol

AMLAPURA, NusaBali - Tembok rumah milik warga I Wayan Tekek di Banjar Bunglaga, Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, Karangasem, jebol, Sabtu (1612) pukul 10.30 Wita. Musibah terjadi setelah di banjar itu turun hujan lebat. Bagian pondasi bangunan tergerus air hingga jebol.

Petugas TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Karangasem melakukan pemantauan di lokasi kejadian, setelah dapat laporan dari Kelian Banjar Bunglada I Ketut Mustar. TRC BPBD di bawah koordinasi I Komang Wisma melakukan pemantauan, dan edukasi kepada milik rumah agar lebih berhati-hati memasuki musim hujan. Apalagi, struktur tanah di Banjar Bunglada dan sekitarnya labil, selama ini dalam kondisi kekeringan, tiba-tiba diguyur hujan lebat, menyebabkan material jadi hanyut dan mudah jebol.

Tembok rumah jebol itu menyebabkan kerusakan di kamar tempat tidur ukuran 4 meter x 4 meter. Hadir di lokasi, anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) Desa Tianyar Tengah Sertu I Nyoman Rauh, anggota Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Desa Tianyar Tengah Bripka I Kadek Oka Susilawan, dan warga masyarakat.

Kedatangan TRCBPBD juga sambil menyerahkan satu paket bantuan, berisi selembar selimut selembar sarung selembar matras, dan beberapa buah sabun. Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengakui dapat laporan adanya tembok bangunan yang jebol. “Saya perkirakan, bagian pondasinya keropos, menyebabkan tembok itu jebol,” jelas Ida Ketut Arimbawa.

Ida Ketut Arimbawa juga mengingatkan kepada pemilik rumah agar lebih berhati-hati, untuk menghindari longsor susulan. Apalagi hujan lebat akan terus mengguyur. Berbeda dengan Perbekel Tianyar Tengah I Nyoman Ada dikonfirmasi secara terpisah mengaku belum dapat laporan adanya tembok bangunan warga yang jebol itu. “Saya belum dapat laporan soal itu,” katanya.7k16

Komentar