nusabali

Banyu Pinaruh, Warga Serbu Pantai Watu Klotok

  • www.nusabali.com-banyu-pinaruh-warga-serbu-pantai-watu-klotok

SEMARAPURA, NusaBali - Pantai Watu Klotok, Desa Tojan, Kecamatan Klungkung diserbu pengunjung untuk ritual banyu pinaruh, Redite Paing Sinta, Minggu (17/12). Krama mulai berdatangan sejak pukul 06.00 WITA. Selain untuk banyu pinaruh, pengunjung juga banyak datang liburan bersama keluarga. Anggota kepolisian siaga memantau situasi.

Warga sekitar, I Made Ardi ke Pantai Watu Klotok bersama teman-temannya untuk ritual banyu pinaruh. Mereka mengawali dengan sembahyang lanjut membasahi tubuh dengan air laut. Seusai melaksanakan banyu pinaruh, Ardi bersama kawan-kawan punya inisiatif memungut sampah yang berserakan di pesisir. “Kebanyakan sampah sisa upakara,” ujar Ardi. Sejumlah warga yang kebetulan lewat di sisi selatan Pura Watu Klotok juga ikut memungut sampah.

Selain sampah sisa upakara, juga ada sampah plastik, botol minuman kemasan, dan makanan ringan. Begitupun sampah-sampah kayu yang kemungkinan merupakan sampah kiriman. Sampah-sampah itu dikumpulkan menjadi satu sehingga tinggal diangkut petugas kebersihan. Gede Murdana berharap masyarakat punya kesadaran membawa pulang sampahnya atau membuang sampah pada tempatnya. Dia berharap sampah di pesisir Pantai Watu Klotok diangkut secara rutin. “Pantai Watu Klotok merupakan kawasan suci,” ujar Murdana. 7 wan

Komentar