nusabali

Bawaslu Sarankan Debat Pilpres Tak Lagi di Kantor KPU

  • www.nusabali.com-bawaslu-sarankan-debat-pilpres-tak-lagi-di-kantor-kpu

JAKARTA, NusaBali - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI memberikan sejumlah syarat perbaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) usai debat perdana Pilpres 2024.

Salah satunya, yakni agar lokasi debat tidak lagi digelar di KPU. Anggota Bawaslu Lolly Suhenti menuturkan pihaknya menilai lokasi debat perdana di KPU itu terlalu kecil. Terlebih untuk jumlah massa yang telah disepakati KPU dengan tim para pasangan calon.

"Salah satu poin saran perbaikan yang disampaikan oleh Bawaslu adalah misalnya soal tempat. Tempatnya kemarin memang terlalu, dengan jumlah orang yang banyak menjadi terlalu sempit tempat itu," kata Lolly di depan Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Minggu (17/12). Karena itu Lolly menyarankan agar dipilih lokasi yang lebih luas dan dapat menampung jumlah pendukung. Tujuannya, kata Lolly yakni agar euphoria pendukung tetap terkontrol dan debat dapat berjalan kondusif.

"Maka kami menyarankan untuk yang akan datang tidak dilakukan lagi di kantor KPU. Tapi di tempat yang lebih memungkinkan semua orang terkontrol, euforia terkontrol lalu tidak crowded juga," ucapnya.

"Kemarin kan kalau sahabat-sahabat masuk, itu arena penuh sekali, panas, sehingga kemudian terjadi hal yang tidak kondusif. Ini juga yang kemudian kami sarankan sebagai saran perbaikan kepada KPU," lanjutnya dilansir detik.com. Sebagai informasi debat perdana Pilpres 2024 oleh KPU telah dilaksanakan pada Selasa (12/12/2023) lalu. Debat capres pertama itu digelar di depan Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Tiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo menjalani debat perdana dengan berdiri tanpa podium di tengah panggung melingkar di halaman Kantor KPU RI. Mereka baru diizinkan duduk saat jeda. Artinya, KPU masih bakal menggelar empat debat lagi selama proses kampanye Pilpres 2024. Diketahui satu debat di antaranya direncanakan digelar di KPU. Adapun debat kedua dari lima debat yang diselenggarakan KPU bakal digelar Jumat (22/12). KPU mengatakan debat akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Terpisah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut cawapres nomor urut tiga Mahfud Md memiliki pengalaman dan terbiasa dibombardir DPR. "Ya kalau persiapan debat Prof Mahfud kan sosok dosen, tapi sosok yang punya pengalaman di lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif. Sudah biasa dibombardir oleh DPR beliau tetap tenang," kata Hasto kepada wartawan di Semarang, Jawa Tengah, Minggu kemarin.

Dengan pengalaman yang dimiliki Mahfud itu, Hasto meyakini cawapres pendamping Ganjar Pranowo itu unggul pada debat mendatang. "Sehingga dengan kekayaan pengalaman dari Prof Mahfud kami meyakini bahwa Prof Mahfud akan memiliki daya unggul," tuturnya. Hasto mengatakan Mahfud unggul terkait ekonomi, digital, green economy serta kebijakan dalam mendayagunakan APBN. Sehingga, kata dia, nantinya Mahfud akan menampilkan suatu gagasan yang menarik. 7

Komentar