nusabali

1.500 ‘Runner’ Meriahkan Pemilu Fun Run

Sosialisasi Informasi Kepemiluan ala KPU Bali

  • www.nusabali.com-1500-runner-meriahkan-pemilu-fun-run

DENPASAR, NusaBali - KPU Provinsi Bali mengembangkan teknik sosialisasi Pemilu 2024 untuk penyebarluasan informasi kepemiluan dengan menggelar Pemilu Fun Run 2023 di Lapangan Timur Bajra Sandhi, Niti Mandala, Denpasar, Minggu (17/12) pagi ini.

Berbarengan dengan aktivitas Car Free Day pada Minggu pagi sekitar pukul 06.00 Wita, sebanyak 1.500 runner (pelari) akan bergabung di acara Pemilu Fun Run. 

Pesertanya sebagian besar berasal dari komunitas lari di Pulau Dewata. Anggota KPU Bali Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM I Gede John Darmawan menjelaskan KPU menyiapkan 1.500 kuota peserta. 

“Ada 1.500 peserta. Dari konfirmasi email dan kelengkapan data, ditemukan sekitar 69 pendaftar yang kami anggap tidak memenuhi syarat seperti di bawah umur 15 tahun dan data tidak lengkap. Ini kami keep dulu,” ujar John ketika dihubungi pada Sabtu (16/12).

Kata John, jumlah peserta sebanyak 1.500 ini tidak saklek. Sejumlah peserta ini adalah yang terhitung mendapatkan baju Pemilu Fun Run dan sudah mendaftar secara daring. Apabila ada pegiat lari yang datang bersama klub dan memakai identitas klub masih akan dipersilakan untuk bergabung.

Rute Pemilu Fun Run melintasi kawasan Niti Mandala. Garis start berada di Lapangan Timur Bajra Sandhi, Jalan Ir Juanda. Kemudian, runner meluncur menuju Jalan Puputan, Jalan Letda Tantular, Jalan Cok Agung Tresna, dan kembali ke garis start sekaligus garis finish di Jalan Ir Juanda.

“Sebanyak 200 runner pertama yang berhasil mencapai garis finish akan mendapat medali,” tutur mantan Ketua KPU Kota Denpasar ini.

Selain fun run sebagai kegiatan utama, Pemilu Fun Run KPU Bali ini juga dimeriahkan penampilan musisi kenamaan Bali seperti Bagus Wirata dan DJ Mahesa x Made. Ada pula penampilan Sekaa Okokan Brahma Diva Kecana, senam aerobic, dan pembagian door prize.

“Dalam proses sosialisasi Pemilu 2024, KPU Bali menggandeng berbagai komunitas. Seperti di Pemilu Fun Run ini kami bekerja sama dengan komunitas lari. Selain untuk berlari santai, ada juga edukasi kepemiluan,” kata John.

Format acara bertema olahraga dan hiburan musik ini dipilih, jelas John, untuk menyesuaikan minat para pemilih milenial dan Gen Z yang menjadi sasaran Pemilu Fun Run 2023. Sehingga, informasi dan edukasi terkait kepemiluan dapat mudah diterima oleh kalangan ini dan juga masyarakat umum. Dengan Pemilu Fun Run ini, John berharap masyarakat minimal mengetahui tanggal pelaksanaan Pemilu 2024 yakni 14 Februari pada Valentine's Day. N rat

Komentar