nusabali

Gelandang Heerenveen Ingin Dinaturalisasi, PSSI Tunggu STY

  • www.nusabali.com-gelandang-heerenveen-ingin-dinaturalisasi-pssi-tunggu-sty

JAKARTA, NusaBali - Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali mengabarkan minat gelandang SC Heerenveen, Thom Haye (27 tahun) untuk dinaturalisasi Timnas Indonesia. Namun Zaindin Amali mengatakan, PSSI memerlukan rekomendasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kebijakan ini dibuat sejak Amali masih menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI pada 2019-2023 dan diteruskan penggatinya, Dito Ariotedjo.

"Kami proses mana saja yang memungkinkan dan sekarang, prosesnya cukup ketat, tidak seperti dulu," ujar Amali.

Saat ini, PSSI masih menunggu naturalisasi Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen selesai. Dua nama pertama tinggal menunggu pengambilan sumpah kewarganegaraan RI.

"Jadi, harus mempunyai darah Indonesia sesuai persyaratan FIFA. Kami tidak mau yang tidak memiliki darah Indonesia seperti satu kasus yang pernah terjadi," tutur Amali.

Sebelumnya, Thom Haye terang-terangan ingin dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam wawancaranya dengan ESPN Belanda pada Rabu (13/12).

"Ya, itu akan menyenangkan. Saya yakin hal itu masih akan terjadi, Sebab, saya sudah menyadarinya dan sekarang saya pada dasarnya belum menjadi bagian dari itu semua," ujar Haye.

Darah Indonesia Thom Haye konon mengalir dari kakeknya yang lahir di Solo, Jawa Tengah dan neneknya yang keturunan Sulawesi Utara. Thom Haye pernah membela Timnas Belanda U-15 hingga U-21 pada 2009-2015. DIa pilar Heerenveen di Eredivisie musim ini. 

Sementara itu, media sosial dibuat heboh  saat bek FC Copenhagen keturunan Indonesia, Kevin Diks, terbang ke Jakarta setelah menyingkirkan Manchester United (MU) dari Liga Champions 2023/2024. Lewat stories di akun Instagramnya, @kevindiks2, Kevin Diks mengunggah peta perjalanan penerbangan dari Doha, Qatar, menuju Jakarta pada Jumat (15/12).

Kevin Diks sempat menyatakan minat menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia. Namun, langkahnya terganjal dengan restu orang tuanya. Unggahan Kevin Diks membuat netizen berspekulasi bahwa bek 27 tahun itu akan dinaturalisasi PSSI untuk Timnas Indonesia.

Namun,  laporan bola.com menyebutkan, kepergian Kevin Diks ke Jakarta bukan untuk dinaturalisasi PSSI. Sebab saat ini, PSSI sedang memproses naturalisasi tiga pemain keturunan Belanda, yakni Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen.*

Komentar