nusabali

1.158 Lembar Surat Suara Ditemukan Rusak

Lipat Surat Suara, KPU Denpasar Libatkan 117 Relawan

  • www.nusabali.com-1158-lembar-surat-suara-ditemukan-rusak

DENPASAR, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar mulai melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2024. Pelipatan surat suara sudah dilakukan sejak, Sabtu (9/12) lalu dengan melibatkan sebanyak 117 relawan.

Surat suara yang terlebih dahulu dilipat untuk pemilihan anggota DPR RI. Dari total 507.697 lembar surat suara yang diterima KPU Denpasar ditemukan sebanyak 1.158 lembar yang mengalami kerusakan.

Foto: Ketua KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni. -DOK.NUSABALI

Ketua KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni saat diwawancarai, Rabu (13/12) mengungkapkan pelipatan suara untuk Pemilu 2024 sudah dilakukan sejak 9 Desember 2023 di Lapangan Kompyang Sujana Jalan Gunung Agung, Denpasar. Pelipatan surat suara tersebut saat ini baru pada surat suara pemilihan anggota DPR RI, karena paling awal diterima. Menurut Sekar, surat suara yang diterima KPU Denpasar sebanyak 507.697 lembar. Hingga, Selasa (12/12) surat suara yang dilipat sudah 50 persen.

"Jumlah tersebut sudah termasuk 2 persen cadangan dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Denpasar," jelasnya. Dikatakan Sekar, jumlah pemilih tetap di Kota Denpasar saat ini sebanyak 495.896 orang, namun ada 2 persen surat suara yang dijadikan sebagai cadangan. Sementara dari total surat suara yang diterima ditemukan sebanyak 1.158 lembar surat suara mengalami kerusakan. Dalam pelipatan surat suara ini kata dia, sampai Rabu kemarin pihaknya menerima dan memberdayakan 117 relawan untuk melipat surat.


Akan tetapi, jumlah tersebut akan terus bertambah. Sebab, setiap harinya masih ada yang mendaftarkan diri untuk ikut sebagai relawan pelipatan suara. "Total 117 orang relawan ini hanya sementara, masih akan ada penambahan lagi. Sebab pelipatan baru satu jenis surat suara masih ada dua jenis surat suara lagi yang belum dilipat," ungkapnya.

Surat suara yang belum dilipat, yakni surat suara pemilihan anggota DPRD Provinsi Bali dan DPRD Kota Denpasar. Jumlah surat suara DPRD Provinsi Bali sama dengan DPR RI, sementara surat suara untuk DPRD Kota Denpasar sebanyak 511.697 lembar yang masih menunggu pelipatan. Pelipatan untuk satu jenis surat suara targetnya dikerjakan selama satu minggu. "Kami targetkan sih satu minggu untuk satu jenis surat suara. Mudah-mudahan bisa sesuai harapan," ujarnya. 7 mis

Komentar