nusabali

Musim Pancaroba, Bangli Nangluk Merana di Catus Pata

  • www.nusabali.com-musim-pancaroba-bangli-nangluk-merana-di-catus-pata
  • www.nusabali.com-musim-pancaroba-bangli-nangluk-merana-di-catus-pata

BANGLI, NusaBali - Pemkab Bangli bersama masyarakat menggelar upacara Nangluk Merana digelar di Catus Pata, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, pada Tilem Sasih Kenam, Selasa (12/12). Upacara ini untuk memohon keselamatan di musim pancaroba saat ini.

Upacara Nangluk Merana diikuti Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wabup Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, dan jajaran OPD di lingkungan Pemkab Bangli.

Kabag Kesra Setda Bangli I Gede Eddy Hartawan mengatakan upacara dilaksanakan pada peralihan musim kemarau ke musim hujan atau tepatnya Tilem Sasih Kanem. Dengan pelaksanaan upacara ini dapat memberikan keselamatan lahir dan batin kepada seluruh warga.

"Upacara Nangluk Merana juga untuk memohon berkah kesuburan terlebih dalam pergantian sasih. Pergantian sasih harus dimaknai dengan baik dan lascarya menghaturkan bakti/banten. Memohon keselamatan agar terjadi penetralan dan keseimbangan bhuana agung, bhuana alit," ungkapnya.

Menurut Eddy Hartawan, pelaksanaan Upacara Nangluk Merana sudah dilaksanakan sejak zaman Rsi Markandya. "Pelaksanaan disesuaikan dengan desa kala patra yang sudah berjalan di masing-masing daerah," ujarnya.

Upacara Nangluk Merana ini dipuput Ida Pedanda Gede Putra Keramas Manuaba dari Griya Ksiarnawa, Bangli. 7esa

Komentar