nusabali

Libur Nataru, Wisatawan di Tanah Lot Dihibur Tari Joged

Digelar Open House Selama 3 Hari

  • www.nusabali.com-libur-nataru-wisatawan-di-tanah-lot-dihibur-tari-joged
  • www.nusabali.com-libur-nataru-wisatawan-di-tanah-lot-dihibur-tari-joged

TABANAN, NusaBali - Menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) Daya Tarik Wisata Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, kembali gelar open house selama tiga hari. Open house rutin yang dijadwalkan tiap tahun ini bagian dari upaya menarik kunjungan wisatawan.

Menariknya selama open house itu wisatawan akan dihibur Tari Joged Bumbung dan makanan tradisional khas Desa Beraban. Sesuai jadwal open house bakal dilaksanakan pada 30, 31 Desember 2023, dan 1 Januari 2024. Open house ini bakal mengundang agen perjalanan wisata, guide, dan wisatawan. 

Asisten Manajer DTW Tanah Lot I Putu Toni Wirawan, mengatakan menyambut liburan Nataru manajemen kembali membuat kegiatan open house selama tiga hari. "Ya ini kegiatan rutin, selain untuk menarik kunjungan juga bagian dari ajang silaturahmi,” ujarnya, Selasa (12/12). 

Menurutnya peran penting para guide, tour leader, serta travel agent dalam membawa wisatawan, karena selain kunjungan pribadi yang mendominasi wisatawan berkunjung ke Tanah Lot, para guide, travel agent, dan tour leader juga banyak membawa pengaruh kunjungan.

“"Oleh karena itu, open house ini kami laksanakan karena akan ada saran dan masukan dari mereka untuk kami benahi dalam melayani para wisatawan,” kata Tony Wirawan. 

Sementara total kunjungan wisatawan, sejak Januari hingga 28 November 2023 ada di angka 1.804.903 orang. Terdiri dari wisatawan mancanegara dan domestik. Dalam hal ini kunjungan domestik lebih mendominasi. 

Rinciannya, domestik dewasa kunjungan mencapai 1.005.770 dan mancanegara dewasa mencapai 740.693 wisatawan. Sedangkan domestik anak-anak sekitar 33.706, kemudian untuk mancanegara anak-anak 24.734. 

Selain itu tahun 2023 ini wisatawan Tiongkok juga sudah mulai berkunjung ke Tanah Lot. Jumlahnya sekitar 2.000 orang, namun kunjungan mereka masih perorangan belum sampai berkelompok/grup. 

Meningkatnya kunjungan tersebut membuat pendapatan Tanah Lot surplus. Pendapatan tahun 2023 ditarget sebesar Rp 45 miliar sementara per 28 November 2023 pendapatan sudah di angka Rp 68 miliar. Dari jumlah itu artinya Tanah Lot sudah surplus Rp 22 miliar. Angka surplus ini dipastikan bakal bertambah sampai akhir 2023. 7 des

Komentar