nusabali

Askrindo Beri Bantuan Alat dan Pendampingan untuk UMKM Gianyar

  • www.nusabali.com-askrindo-beri-bantuan-alat-dan-pendampingan-untuk-umkm-gianyar

GIANYAR, NusaBali.com - PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) menyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Kabupaten Gianyar, Bali.

Bantuan yang diberikan Askrindo berupa mesin kompresor, mesin gerinda, dan alat bor untuk Kelompok Pengrajin Dulang, Gerobak Sorong dan Mesin Gerinda untuk Kelompok Pengrajin Paras Taro, dan Alat Jigsaw, Bor Duduk, serta Mesin Profil Kayu untuk Kelompok Pengrajin Frame Ukir di tiga desa yaitu Desa Bresela, Desa Taro, dan Desa Petulu.

Penyerahan bantuan pada 8 Desember lalu, dilakukan secara simbolis oleh Pemimpin Cabang Askrindo Denpasar, Azhari Nur Kusumo, kepada perwakilan dari masing-masing kelompok UMKM. Dalam kesempatan tersebut, Azhari mengatakan bahwa bantuan yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan omzet para UMKM.

"Bantuan alat-alat kerajinan yang kami berikan diharapkan dapat meningkatkan omzet mereka, apabila omzet mereka meningkat otomatis kesejahteraan mereka," ujar Azhari, Senin (11/12/2023).

Selain menyerahkan bantuan, Askrindo juga turut andil melakukan pendampingan bagi para UMKM agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola usaha, memperoleh akses ke pembiayaan yang lebih mudah, serta memperluas jaringan bisnis.

"Dukungan pemerintah terkait dengan UMKM seperti porsi target 30% penyaluran kredit nasional harus berasal dari UMKM. Ini salah satu komitemen kami (Askrindo) guna membantu para UMKM karena kami sangat yakin para UMKM di Bali ini akan terus berkembang," kata Azhari.

Azhari menambahkan, tren positif pertumbuhan UMKM di Bali perlu terus dijaga agar sektor ini dalam skala yang besar mampu mengatasi masalah pengangguran di Indonesia. "UMKM sebagai soko guru perekonomian Indonesia, dimana sektor ini yang terbukti mampu bertahan dalam kondisi resesi dan krisis ekonomi," katanya.

Ketua Kelompok Pengrajin UMK Dulang, I Wayan Suparta, mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan yang disalurkan Askrindo. "Kami sangat berterima kasih dengan bantuan yang disalurkan. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan produktivitas usaha kami," ujar Suparta.

Komentar