nusabali

Linmas Pengamanan TPS Mulai Direkrut

  • www.nusabali.com-linmas-pengamanan-tps-mulai-direkrut

SINGARAJA, NusaBali - Proses penyiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tidak hanya dilakukan oleh KPU, tetapi juga oleh petugas keamanan TPS yang sedang melakukan proses perekrutan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Sedikitnya diperlukan 4.550 orang Linmas yang akan ditugaskan mengamankan 2.275 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Buleleng.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Buleleng I Gede Arya Suardana, Senin (11/12) kemarin, mengatakan secara keseluruhan jumlah Linmas di 129 desa dan 19 kelurahan sebanyak 5.000 orang. Hanya saja sebarannya tidak merata. Ada yang desa yang sudah memenuhi jumlah maksimal, ada juga yang masih terbatas.

Keterbatasan jumlah Linmas yang masih ditemui di beberapa desa wilayah Buleleng disebut Arya Suardana karena terkendala anggaran di desa yang terbatas. Bahkan pengadaan untuk seragam Linmas ada juga desa yang belum mampu. Kendala kedua keberadaan Linmas di masing-masing desa seringkali dipengaruhi oleh faktor politik. Setiap kali pergantian perbekel, menjadi dampak ikutan keanggotaan Linmas.

“Untuk kebutuhan pengamanan Pemilu 2024, masing-masing desa/kelurahan minimal menyiapkan Linmas sesuai dengan kebutuhan dan jumlah TPS. Misalnya kalau ada 10 TPS, minimal ada 20 orang Linmas. Karena setiap TPS akan ditempatkan 2 orang Linmas untuk pengamanan jalannya pungut hitung suara hingga pengawalan kotak suara,” jelas Arya Suardana.

Menurutnya, desa yang belum memenuhi jumlah minima, diharapkan segera menyiapkan SK Linmas tambahan. Hal ini menjadi kewajiban, sebab secara regulasi Linmas pengamanan TPS harus berasal dari desa yang bersangkutan, tidak boleh dibantu Linmas desa lain.

Guna memastikan anggota Linmas pengamanan TPS terpenuhi Kasatpol PP sudah menjajaki ke desa-desa yang masih terbatas jumlah Linmasnya. Sedangkan Linmas yang sudah ada saat ini sudah diberikan bimbingan teknis (bimtek) secara terjadwal terkait tugas pokok dan fungsinya. Sedangkan untuk persiapan pengamanan TPS, nanti akan diikutkan bimtek yang diselenggarakan KPU bersamaan dengan anggota KPPS.

“Kami sih optimis nanti bisa terpenuhi. Apalagi nanti dari penyelenggara menyiapkan honor juga bagi mereka yang ikut mengamankan TPS,” kata Arya Suardana.7k23

Komentar