nusabali

PDIP: Debat Perdana akan Ubah Peta Politik

Debat Capres Perdana Malam Ini Pukul 20.00 Wita

  • www.nusabali.com-pdip-debat-perdana-akan-ubah-peta-politik

Tema debat perdana ini adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga

JAKARTA, NusaBali
Debat perdana Pilpres 2024 berlangsung pada, Selasa (12/12) malam ini di Kantor KPU RI di Jakarta. Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, debat perdana bertema hukum, hak asasi manusia (HAM), hingga pemberantasan korupsi ini akan mengubah peta perpolitikan nasional.

Hasto menyampaikan hal ini di sela-sela menghadiri konsolidasi internal di kantor DPC PDIP Kota Cilegon, Jalan Stasiun Nomor 58, Jombang, Provinsi Banten, Senin (11/12).

"Debat sudah disiapkan dengan sebaik-sebaiknya. Debat ini akan ikut mengubah suatu konstelasi politik terkait dengan Pilpres," kata Hasto melalui keterangan tertulisnya, Senin kemarin. Namun, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud ini tidak memerinci perubahan yang dimaksud bakal terjadi. Hasto hanya menekankan pelaksanaan debat perdana dilaksanakan pada saat kader PDIP-PPP-Perindo-Hanura, dan sukarelawan melaksanakan door to door menemui rakyat agar mendukung capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Bahkan, dia mengatakan sosok Bappilu PPP, Sandiaga Uno belakangan juga melakukan blusukan ke berbagai daerah jelang debat. Hal itu pun, mempertebal keyakinan kubu Ganjar-Mahfud bakal menang di Sumatra, Banten, dan Jawa Barat. "Pak Sandiaga Uno keliling untuk menjelaskan, karena Pak Sandi ini sosok yang paling paham Pak Prabowo, yang paling paham Pak Anies. Pak Sandi mengatakan, hanya Pak Ganjar-Mahfud yang mampu melanjutkan hal-hal yang baik dari Pak Jokowi," jelas Hasto.

Dengan pergerakan Sandiaga Uno itu, lanjut Hasto, itu akan merubah konstelasi, khususnya di wilayah Sumatera, Banten, dan Jawa Barat. Terkait Ganjar-Mahfud memiliki persiapan tertentu jelang debat perdana pada 12 Desember 2023, Hasto hanya menekankan persiapan Ganjar-Mahfud sebelum berdebat ialah menemui rakyat untuk mendengarkan semua aspirasi. "Ya, persiapan dilakukan dan ketika Pak Ganjar turun ke bawah, tidur di rumah-rumah rakyat, Pak Ganjar menangkap hal yang paling genuine. Maka, KTP Sakti itu adalah hal yang paling genuine sebagai hasil dari blusukan dan tinggal di rumah rakyat," kata alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Mengenai nonton bareng (nobar) debat pertama apakah akan dilakukan oleh PDIP dan TPN, Hasto menyatakan, rencananya seperti itu ada. "Selalu ada (nobar, red), kita traktir rakyat. Selalu ada nobar," ucap Hasto. Sementara istri capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menyatakan akan ikut mendampingi sang suami menjalani debat Pilpres 2024. "Insya Allah, itu bagian dari men-support Mas Ganjar. Saya lebih ke mempersiapkan dari sisi psikologisnya," kata Atikoh usai Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) di Alun-alun Kota Serang, Provinsi Banten, Senin pagi (11/12). Atikoh menyampaikan, bahwa Ganjar-Mahfud siap mengikuti tahapan debat yang telah dicanangkan KPU.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkapkan mekanisme debat perdana calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) yang dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, malam ini. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan debat perdana ini akan dimulai pada pukul 19.00 WIB atau pukul 20.00 Wita. Pesertanya akan diikuti oleh calon presiden (capres).

Foto: Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) bersama Anggota KPU Yulianto Sudrajat (kanan), August Mellaz (kiri) memberikan keterangan pers, Senin (11/12). -ANTARA

"Siapa yang berdebat? Ya untuk besok malam (malam ini) kesempatan pertama pada debat capres-cawapres, di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja," ujar Hasyim saat konferensi pers persiapan debat capres-cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin kemarin. Adapun untuk durasi debat akan berjalan selama 150 menit. Meski demikian, durasi khusus debatnya 120 menit atau 2 jam. Selama itu, akan ada 6 segmen yang dipisah dengan jeda iklan. Pada masing-masing segmen, para penyelia berhak memberi tiga pertanyaan ke para capres.

"Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan. Itu kan ada 6 segmen, berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing-masing segmen," jelasnya. Kemudian, masing-masing capres akan mengambil pertanyaan yang sudah disiapkan para panelis secara acak. Setelah capres A menjawab, capres B dan C akan diberi kesempatan untuk menanggapi.

"Setelah menanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear (jelas) di bagian perdebatan itu. Tapi pada dasarnya di bagian awal sebelum masuk kepada pertanyaan, masing-masing diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi program sesuai dengan tema," ucap Hasyim. Berdasarkan pernyataan Hasyim, bila dihitung waktu sanggah-menyanggahnya saja, maka waktu sanggah-menyanggah hanya berlangsung 3 menit. Hitungan itu dimulai yakni 1 menit ketika capres B menyanggah, 1 menit capres C menyanggah dan 1 menit Capres A memberikan komentar terhadap sanggahan tersebut.

Hasyim menambahkan KPU melarang tim pasangan calon presiden dan wakil presiden membawa alat peraga kampanye (APK) saat debat perdana di Kantor KPU RI malam ini. "Ada tata-tertib begini, pada saat debat berlangsung di dalam area debat sebagaimana kita ketahui di sini, pendukung tidak diperbolehkan atau tidak diperkenankan membawa bahan kampanye dan alat peraga kampanye," ujarnya.

Meski begitu, KPU hanya memperbolehkan APK atau atribut kampanye yang melekat pada tubuh untuk masuk ke dalam lokasi debat capres/cawapres. Hasyim pun mengatakan KPU akan melakukan pemeriksaan agar tidak ada alat kampanye yang masuk. "Satu-satunya yang boleh, kecuali atribut yang melekat di tubuh. Jadi pakaian lah, yang lain tidak diperbolehkan," katanya.

Hasyim menambahkan setiap tim paslon capres-cawapres akan mendapatkan undangan debat yang diperuntukkan untuk 75 orang. Undangan itu di luar calon presiden, calon wakil presiden, ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik pengusung. "Jadi, yang dimaksud 75 itu di luar pasangan calon dan di luar ketua umum dan sekjen partai politik peserta Pemilu 2024," jelas Hasyim.

Untuk diketahui, tema debat perdana ini adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 7 k22, ant

Komentar