nusabali

Meriah Gelaran Pentas Seni Budaya di Desa Gulingan

  • www.nusabali.com-meriah-gelaran-pentas-seni-budaya-di-desa-gulingan

MANGUPURA, NusaBali - Desa Gulingan menggelar Pentas Seni Budaya Lokal dalam rangka HUT ke-33 Desa Gulingan.

Kegiatan yang bertajuk ‘Gulingan Tunggil Paripurna’ yang artinya Gulingan Bersatu dan Bangkit, juga dihiasi dengan parade budaya yang diselenggarakan oleh ST se-Desa Gulingan di depan pasar Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi pada Jumat (8/12) sore.

Perbekel Desa Gulingan I Ketut Winarya, mengatakan ada beragam kegiatan yang digelar antara lain lomba mewarnai tingkat TK, lomba Utsawa Dharmagita peserta dari Sekaa Teruna berupa lomba Mekekawin, Mecepat dan Sloka. Serta sebagai bentuk perhatian pemerintah desa kepada orang tua lanjut usia, pada 7 Desember 2023 dilakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Di samping itu, dilaksanakan pula Turnamen Bola Volly dari Prajayowana CUP 1 pada Oktober lalu yang diikuti 8 klub bergengsi di Kabupaten Badung.

“Pada perayaan HUT ke-33, kami Desa Gulingan mengawali dengan pembinaan para Sekaa-Sekaa (Sekaa Santi, Sekaa Tabuh), baik dari unsur Sekaa Teruna, Kelompok Seni, Sekolah Dasar untuk kegiatan Megeguritan dan anak-anak TK untuk kegiatan mewarnai dengan menyentuh seluruh elemen Masyarakat Desa Gulingan,” jelas Winarya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut diharapkan akan tumbuh insan-insan seni yang membina seni dan budaya dalam bentuk garapan seni lokal. Ini juga sebagai upaya untuk mempertahankan dan melestarikan adat dan budaya Bali secara menyeluruh khususnya di Desa Gulingan untuk masa yang akan datang.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung saat membuka kegiatan Pentas Seni Budaya Lokal Desa Gulingan, mengatakan kegiatan Pentas Seni Budaya Lokal Desa Gulingan tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif. Kegiatan ini untuk menarik wisatawan mancanegara (wisman) agar datang ke Bali, khususnya ke Desa Gulingan yang secara tidak langsung akan menambah PAD di Kabupaten Badung.

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Badung, mewakili Bupati I Nyoman Giri Prasta merasa berbahagia bisa hadir pada kegiatan Pentas Seni Budaya Lokal Desa Gulingan. Ini merupakan kreativitas yang tinggi dari anak-anak kita STT se-Desa Gulingan,” ujarnya.

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan dari pemerintah, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana secara simbolis kepada Perbekel Desa Gulingan I Ketut Winarya sebesar Rp 50 juta. Bantuan tersebut terdiri dari Rp 15 juta bantuan untuk Sekaa Gong Genta Yowana, Parade Seni dan Budaya se-Desa Gulingan, Rp 20 juta bantuan untuk Widya Sabha dalam rangka kegiatan makekawin tingkat Remaja se-Kecamatan Mengwi dan Rp 15 juta bantuan untuk Listibiya dalam rangka kegiatan mewarnai tingkat TK se-Desa Gulingan. 7 ind

Komentar