nusabali

Badan Jalan Lingkar Selatan Nusa Dua Diperbaiki

  • www.nusabali.com-badan-jalan-lingkar-selatan-nusa-dua-diperbaiki

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung mengambil langkah penanganan Jalan Lingkar Selatan Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan yang dipenuhi material kerikil pasca hujan lebat beberapa waktu lalu.

Setelah serangkaian pengecekan, pihak Dinas PUPR memutuskan untuk melakukan sejumlah perbaikan, termasuk pemadatan dan pembuatan kemiringan di area bahu jalan.

Ketua Tim Kerja Pembangunan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga Dinas PUPR Badung, Teddy Widnyana Putra menjelaskan, tindakan perbaikan dilakukan sepanjang 250 meter sisi selatan, terutama di titik yang rentan tergerus oleh air hujan.

“Perbaikan itu meliputi pemadatan dan pembuatan kemiringan ke kiri dan kanan di area bahu jalan. Hal ini kami lakukan untuk mencegah gangguan saat air hujan, sehingga air dapat mengalir ke bahu jalan atau pinggir kanan-kiri bahu jalan,” ungkap Teddy saat dihubungi pada Sabtu (9/12).

Namun, Teddy juga mengakui bahwa langkah tersebut sifatnya sementara, mengingat belum adanya drainase yang dapat mengatasi permasalahan tersebut secara permanen. Dia juga menerangkan jika masalah material kerikil di badan jalan disebabkan oleh ketinggian bahu jalan yang membuat air melimpah ke median dan badan jalan. Sehingga langkah pengerukan di bahu jalan dan pembuatan kemiringan di bahu jalan dilakukan pihak PUPR.

“Kalau pembuatan dan pemasangan drainase belum masuk dalam anggaran tahun 2024. Mungkin di tahun 2025 kami akan berusaha menganggarkan rencana drainase di Jalan Lingkar Selatan Nusa Dua dari ujung Hotel Kempinski sampai Pantai Pandawa,” ujar Teddy.

Mengenai efektivitas langkah-langkah yang telah diambil, Teddy menjelaskan bahwa setelah proses kemiringan jalan dan penanganan air hujan, tidak ada kendala yang muncul saat hujan terakhir. Dengan langkah-langkah yang telah diambil, diharapkan Jalan Lingkar Selatan Nusa Dua dapat lebih tahan terhadap dampak cuaca ekstrem dan material kerikil yang mengganggu. “Penataan ini sudah selesai sejak dua hari yang lalu. Sementara kendala sebelumnya sudah tertangani, jadi saat ada hujan kemarin tidak ada kendala lagi,” ujar Teddy. ol3

Komentar