nusabali

Penguatan Demokrasi, BKSAP Dukung Filipina jadi Sekretariat APPF

  • www.nusabali.com-penguatan-demokrasi-bksap-dukung-filipina-jadi-sekretariat-appf

JAKARTA, NusaBali - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menegaskan komitmennya memberikan dukungan atas inisiatif Parlemen Filipina yang akan menjadi sekretariat tetap Asia-Pasific Parlemen Forum (APPF).

Supadma Rudana menegaskan bahwa Indonesia dan Filipina mempunyai konsen yang sama untuk menjadikan APPF sebagai forum strategis di antara Negara-negara Asia Tenggara, Asia Timur, Amerika Latin dan Negara Pasific.

“Di level parlemen, Indonesia dan Filipina sama-sama merupakan anggota parlemen se-Asia Tenggara atau ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA), Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly) serta Inter Parliamentary Union (IPU) atau Parlemen Dunia serta Parlemen Asia-Pasifik atau APPF yang baru saja digelar di Filipina beberapa waktu lalu,” ujar Supadma Rudana dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/12).

Supadma Rudana mengatakan telah bertemu dengan Ketua Parlemen Filipina, Ferdinand Martin Romualdez di sela-sela kunjungannya ke Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Minggu (3/12) lalu. Dalam pertemuan tersebut, Supadma Rudana mengatakan membahas hubungan politik kedua negara, khususnya kerjasama antar parlemen. 

Dikatakan Supadma Rudana, kedua negara sepakat terus saling mendukung di forum–forum regional dan internasional, terutama pada isu-isu yang menjadi konsen kedua negara. Terutama menyangkut perdamaian kawasan, keamanan, kerjasama maritim serta penguatan demokrasi. Supadma tak lupa selalu promosikan pariwisata Bali kepada Parlemen Filipina yang hadir di Pulau Dewata. “Yang penting itu, promosikan Bali juga,” ujar praktisi pariwisata kelahiran Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar ini.

Secara bilateral, Supadma Rudana mengatakan siap mendorong penguatan kerjasama antar parlemen yakni DPR RI dengan Parlemen Filipina. Menurut dia, pembentukan Grup Kerjasama Bilateral (GKSB) DPR RI dengan Parlemen Filipina di masa jabatan DPR RI 2024 mendatang menjadi keharusan. “Kita mendorong realisasi pembentukan GKSB itu,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Supadma Rudana yang juga Caleg DPR RI di Pemilu 2024 mendatang mengatakan, kerjasama Parlemen Filipina dengan DPR RI akan menjadi jembatan kepentingan nasional kedua negara, memperkuat diplomasi yang dijalankan pemerintah. “Secara politik Indonesia dan Filipina harus menjadi garda terdepan kekuatan Asia-Pasifik di dunia internasional,” ujar Anggota Komisi VI DPR RI membidangi perdagangan dan investasi ini.n nat 

Komentar