nusabali

Pemkab Klungkung Sosialisasi Cegah Konflik Sosial

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-sosialisasi-cegah-konflik-sosial

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung menggelar sosialisasi pencegahan konflik sosial menjelang Pemilu 2024 di Balai Banjar Kaja, Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Jumat (8/12) siang.

Sosialisasi dipimpin Plt Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Kepada Badan Kesbangpol Klungkung I Dewa Ketut Sueta Negara, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Made Kasta mengatakan, untuk pencegahan konflik sosial yang harus dilakukan dengan mengetahui penyebab atau faktor pemicunya. "Jika kita mengetahui penyebabnya, akan tahu cara mencegahnya," ujar Made Kasta.

Pejabat asal Desa Akah, Kecamatan Klungkung ini menyebut salah satu penyebab konflik sosial di tahun politik ini adalah adanya perbedaan. Mulai dari perbedaan warna (partai politik) maupun perbedaan pilihan. Made Kasta meminta masyarakat bersama-sama menyadarkan diri dan orang lain, jangan sampai karena beda warna terjadi konflik. ASN juga diingatkan jangan sampai di internal instansi pemerintahan muncul bibit-bibit konflik hanya karena perbedaan warna. "ASN agar menjaga netralitas," ujar Made Kasta.

Dandim 1610/Klungkung, Letkol Inf Armen menambahkan, konflik itu umumnya ada karena adanya perbedaan dan ketidakadilan. Semua pihak agar menjaga Klungkung tetap aman. Termasuk di wilayah Nusa Penida menjelang Pemilu 2024. "Kabupaten Klungkung itu sudah damai dan tertib masyarakatnya, mari tetap jaga hal tersebut," ujarnya.

Kapolres Klungkung, AKBP I Nengah Sadiarta mengatakan, Pemilu 2024 tinggal 67 hari lagi tepatnya pada 14 Februari 2024. Dia pun mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga Klungkung agar damai sehingga pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar. 7 wan

Komentar