nusabali

Menteri ESDM Ajak Bijak Gunakan Air Tanah

Jaga Ketahanan Sumber Air

  • www.nusabali.com-menteri-esdm-ajak-bijak-gunakan-air-tanah

JAKARTA, NusaBali - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa pihaknya mencanangkan Gerakan Bijak Penggunaan Air Tanah.

Menteri Arifin mengatakan, langkah ini merupakan salah satu upaya mendorong ketersediaan air tanah sebagai tanggung jawab bersama.

“Saya hendak mencanangkan gerakan bijak menggunakan air tanah sebagai upaya bersama kita dalam rangka konservasi dan ketersediaan air tanah sebagai tanggung jawab terhadap generasi selanjutnya,” ungkap Arifin dalam keterangannya di Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi, seperti dilansir liputan6.com, Jakarta Barat pada Kamis (7/11).

“Kita semua perlu memahami tren regenerasi air tanah, kontrol pemanfaatan serta upaya-upaya perlindungan yang harus diimplementasikan,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Menteri Arifin juga menyampaikan bahwa Badan Geologi Kementerian ESDM memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan sektor energi, sumber mineral dan sektor lainnya untuk tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Sebagai bagian dari peningkatan pemahaman itu, sosialisasi, penerapan regulasi berkaitan air tanah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari peran Pemerintah dalam menjaga keberlanjutan dan ketersediaan sumber daya air,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Badan Geologi Kementerian ESDM menggelar kegiatan tahunan Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi 2023 di Hotel Jayakarta, Jakarta Barat. Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua hari, yaitu pada Kamis hari ini, 7 Desember dan Jumat, 8 Desember 2023.

“Saya berharap bahwa dari acara ini akan muncul pengetahuan dan gagasan-gagasan inovatif, meningkatkan efisiensi pengelolaan, geo-resources, geo-hazard, geo-environtment dan geo-information,” kata Menteri Arifin Tasrif.

Bersamaan acara tersebut, Badan Geologi Kementerian ESDM juga meluncurkan produk layanan masyarakat, yaitu Portal air tanah, Portal MBG, Portal Geolindo - GRANITe, GeoHeritage dan GeoMigas, Katalog Tsunami, Peta sumberdaya Mineral Kelautan dan terakhir Atlas Vs30.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar kegiatan tahunan Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi 2023. Kegiatan tersebut akan dilangsungkan selama dua hari, yaitu pada 7-8 Desember 2023.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, kegiatan ini merupakan acara yang sangat berharga untuk mejelajahi dan mendalami isu-isu kegeologian.

“Saya berharap bahwa dari acara ini akan muncul pengetahuan dan gagasan-gagasan inovatif, meningkatkan efisiensi pengelolaan, geo-resources, geo-hazard, geo-environtment dan geo-information,” ujar Menteri Arifin Tasrif dalam sambutannya di Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi, Jakarta Barat pada Kamis (7/11).

Badan Geologi mengungkapkan, Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi 2023 mengundang sekitar 400 peserta yang terdiri atas perwakilan dari pemangku kepentingan dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi, asosiasi profesi dan pelaku usaha. 7

Komentar