nusabali

Turis Korban Jatuh di Tanah Lot Gelar Ritual

  • www.nusabali.com-turis-korban-jatuh-di-tanah-lot-gelar-ritual

Empat hari pasca musibah yang nyaris merenggut nyawanya, wisatawan asal China, Zeng Fang, 57, gelar ritual persembahyangan dan haturkan sesaji di lokasi TKP yakni tebing setinggi 15 meter di jaba Pura Batu Bolong kawasan Daerah Tujuan Wisata (DTW) Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan pada Radite Paing Gumbreg, Minggu (3/1). 

Hanya saja, sore itu Toya Adnyana tak ada di kantor, karena tugas lain. Akhirnya, Kadiv Humas DTW Tanah Lot, Putu Erawan, yang mewakili Toya Adnyana. Dalam bahasa Mandari, Zeng Fang mengucapkan terima kasih atas kesigapan petugas lifeguard dalam proses evakuasi dirinya yang berjalan cepat dan lancar, sehingga nyawanya terselamatkan.

Korban Zeng Fang juga mohon maaf karena tidak mengindahkan rambu-rambu larangan dan imbauan petugas lapangan yang sebelumnya sudah memperingatkan untuk tidak mendekat ke tebing jaba Pura Batu Bolong. Bukan hanya itu, korban Zeng Fang juga menyerahkan penghargaan kepada lifeguard DTW Tanah Lot berupa selembar kain berisi tulisan China, yang bermakna, ‘Terima kasih atas keberanian menyelamatkan orang lain tanpa memperdulikan nyawa sendiri’. Berkali-kali Zeng Fang dan suaminya memeluk dan mengucapkan terima kasih kepada petugas lifeguard DTW Tanah Lot yang telah menyelamatkan nyawanya.

Mewakili Toya adnyana, Putu Erawan selaku manajemen DTW Tanah Lot menyampaikan bela sungkawa atas musibah maut di akhir tahun 2015. “Kami dari pengelola berterimakasih atas kedatangan korban selamat dan keluarga ke kantor. Kami mengucapkan bela sungkawa atas musibah ini. Kita berdoa, mudah-mudahan tidak terjadi lagi peristiwa yang sama di tahun-tahun berikutnya,” kata Erawan.

Musibah maut yang menimpa dua wisatawan China, Qi Ruiling dan Zeng Fang, itu sendiri terjadi Kamis siang sekitar pukul 12.00 Wita. Kedua perempuan China ini datang ke Tanah Lot bersama rombongan yang berjumlah 35 orang. Mereka semua datang ke Tanah Lot dari penginapannya di Hotel Lorilin, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, dengan diantar pemandu wisata Daniel Lin.

Ketika rombongan hendak balik dari Tanah Lot dan masuk bus, kedua korban justru pergi foto-foto di tebing depan Pura Batu Bolong. Saat itu, korban Qi Ruiling berada di pinggir tebing mengambil foto dengan mengajak Zeng Fang. Sebetulnya, korban Qi Ruiling sempat meminta tolong suaminya, Li Zhang Hong, untuk mengambil foto, namun batal. Nah, ketika posisinya berada di pinggir tebing bagian barat, kedua korban terlepesat jatuh ke laut setinggi 15 meter.
Korban Qi Ruiling akhirnya dapat dievakuasi dalam kondisi sudah tewas. Sedangkan korban Zeng Fang berhasil selamat dari maut dan langsung dilarikan ke RSUD Tabanan. Hingga Jumat kemarin, perempuan berusia 57 tahun ini masih dirawat intensif di RSUD Tabanan. 7 k21

Komentar