nusabali

Pemkab Buleleng Ngaturang Bakti Pengayar di Pura Mandara Giri Lumajang

  • www.nusabali.com-pemkab-buleleng-ngaturang-bakti-pengayar-di-pura-mandara-giri-lumajang

Pemerintah Kabupaten Buleleng melaksanakan  bakti penganyar serangkaian Upacara Piodalan di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (16/7). 

SINGARAJA,  NusaBali
Pelaksanaan Bakti Penganyar dipimpin langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, bersama Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Sekda Buleleng Dewa Ketut Puspaka, serta Pimpinan dan seluruh pegawai OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Piodalan pada tahun ini serangkaian Pujawalikrama yang dilaksanakan setiap tahun tepatnya Purnama Sasih Kasa.  Ritual  setahun sekali di pura terbesar di Jawa Timur tersebut dipuput Ida Peranda Gede Putra Kemenuh dari Geria Suksada, dan Ida Peranda Gede Mas Dwija Putra dari Geria Taman Sari Baturiti Tabanan. Pemkab Buleleng juga ngaturang punia sebesar Rp 15 juta.

Pinandita Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur, Mangku Marto menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Buleleng karena sudah melakukan bakti penganyar di Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang. Ia menjelaskan, untuk tahun ini, puncak wali sudah dilaksanakan pada Sabtu (8/7/ lalu.  "Ida Bhatara katuran nyejer selama sebelas hari dan mesineb pada Rabu (19/7) mendatang," katanya

Sementara itu, Bupati Suradnyana mengatakan, Upacara Nganyarin sebagai wujud syukur kepada Hyang Widhi Wasa, sebagai Yang Maha Pencipta. Bupati Suradnyana mengungkapkan Pemkab Buleleng selalu rutin melaksanakan bakti penganyar.

“Kali ini piodalan Pura Mandara Giri Semeru Agung kembali Pemkab Buleleng melaksanakan Bakti Penganyar dan pada kesempatan ini juga banyak dihadiri oleh pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng dan masyarakat Buleleng,” ujarnya. *k19

Komentar